Pelestarian Seni Budaya Jadi Program Prioritas Imron

Imron Rosyadi Talkshow RCTV
Plt Bupati Cirebon Imron Rosyadi menjadi narasumber talkshow bertajuk dialog khusus di RCTV, Selasa (13/8). Foto: Deni Hamdani/Radar Cirebon

CIREBON – Melestarikan seni budaya Cirebon menjadi salah satu program prioritas yang akan dilaksanakan Plt Bupati Cirebon Imron Rosyadi. Hal itu diungkapkan Imron dalam talkshow RCTV, Selasa (13/8) malam.

“Terwujudnya kabupaten Cirebon berbudaya, sejahtera agamis dan maju aman,” sebut Imron mengungkapkan visinya lima tahun mendatang.

Imron menginginkan, dalam melestarikan seni budaya juga disertai dengan nilai-nilai keagamaan. “Kita ingin masyarakat sejahtera dan dilengkapi dengan nilai-nilai keagamaan,” ujarnya.

Menurut Imron, melestarikan seni budaya sangat diperlukan. Karena masyarakat tidak bisa lepas dari budaya. “Maka kami buat program-program. Kita akan membuat gedung kebudayaan dan kampung budaya. Kita gali dan lestatikan budaya Kabupaten Cirebon,” tutur mantan Kemenag Jawa Barat itu.

Terlebih menurut Imron, saat ini kebudayaan lokal sangat rawan diakui pihak lain. “Agar seni budaya kita tidak diklaim oleh yang lain, maka kita harus lestarikan seni budaya seperti tari topeng, kemudian makanan empal lengko,” tuturnya.

Salah satu upaya yang akan dilakukan Imron yakni membangun panggung seni budaya di berbagai titik keramaian. “Kami akan membuat panggung di taman kota. Setiap minggu ada penampilan budaya Cirebon, agar masyarakat tahu dan mencintai budaya. Karena mungkin anak muda kita di era globalisasi, maka budaya kita agak terlupakan,” ungkapnya.

Imron sangat yakin melestarikan seni budaya karena adanya dorongan masyarakat yang antusias. “Saya optimistis karena masyarakat sangat antusias. Makanya saya semangat kembangkan seni budaya,” tuturnya. (den)