Pembalap Sepeda Kabupaten Cirebon Hanya Dapat Perak, ISSI Janji Evaluasi

SEPDAKALAH CEPAT: Tio Cahyadi memasuki tikungan terakhir menjelang finis Down Hill Porda Jabar 2018 di bukit Sodong Sentul City, Sabtu (13/10). FOTO: IIM ABDURAHIM/RADAR CIREBON

IKATAN Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Kabupaten Cirebon mengirimkan 5 pembalap di tiga nomor cabor balap sepeda pada Porda JabarXIII/2018 di Kabupaten Bogor. Tiga nomor yang diikuti yakni XC Cross Country Mountain Bike (MTB) putra, Down Hill MTB putra, dan Criterium Road putra.

ISSI menerjunkan Gangsar Wibowo dan Khairul Annas di nomor XC Cross Country MTB, Bima Fikri Aldira dan Tio Cahyadi di nomor Down Hill MTB, serta Kriswo di nomor Criterium Road. Dari lima pembalap tersebut, hanya Tio Cahyadi yang meraih medali perak.

Berlaga di bukit Sodong Sentul City, Sabtu (13/10), Tio mengawali seeding run atau penentuan posisi start di peringkat ketiga terbaik dengan catatan waktu 1:18,079. Sementara Bima tercecer di posisi 13 dengan catatan waktu 1:22,680. Tio start di urutan ketiga terakhir, dan bisa memantau catatan waktu 23 lawannya termasuk Bima yang start lebih dulu di lintasan berjarak 850 meter dan elevasi 260 meter tersebut.

Ketua ISSI Kabupaten Cirebon, Suratmo SSos MSi mengatakan, sejak awal yakin Tio bisa menyumbangkan medali untuk Kabupaten Cirebon. Hal itu dilihat dari beberapa kali ujicoba yang dilakukan ISSI di berbagai kejuaraan.

Keyakinan Suratmo dibayar tuntas oleh Tio, dengan mempercepat catatan waktu menjadi 1:16:057. Namun catatan waktu Tio masih kalah cepat disbanding pembalap Sumedang, Rio Akbar yang mencatat waktu 1:15,848. Rio hanya berhasil mengungguli pembalap Banjar Yoris Sahara yang mencatat waktu 1:16,294.

Alhamdulillah,hasil ini adalah hasil maksimal yang dapat kami raih. Terima kasih untuk KONI dan Pemkab Cirebon yang memperhatikan pembinaan balap sepeda. Semoga kedepannya lebih baik lagi,” terang Suratmo.

Hasil di Porda kali ini menurutnya bakal menjadi bahan evaluasi, dan juga memotivasi pembinaan berkelanjutan. Selain itu ISSI juga akan mencari bibit-bibit pembalap baru, untuk menghadapi event-event selanjutnya. (iim)