Pembangunan Jalur Selatan Majalengka Dorong Pertumbuhan Ekonomi

jalan-lingkar-timur-majalengka
Akses jalur panyaweyan-Sangiang, Kabupaten Majalengka, rencananya awal tahun dibangun. Foto: Azis Muhtarom/Radar Majalengka

MAJALENGKA – Pemerintah Kabupaten Majalengka terus berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat. Salah satu upaya yang ditempuh adalah pembangunan jalur di wilayah selatan.

Pembangunan itu pun mendapat sambutan hangat dari aktivis mahasiswa Universitas Majalengka, Oki Kurniawan. Menurutnya, pembangunan infrastruktur tersebut akan banyak memberi manfaat bagi masyarakat. Mobilisasi akan lebih efisien dan mudah. Dan hal itu akan memengaruhi pertumbuhan ekonomi.

Bahkan dikatakan Oki, berdasarkan Undang-undang Nomor 38 Tahun 2004, jalan sebagai bagian prasarana transportasi mempunyai peran penting dalam bidang ekonomi, sosial budaya, lingkungan hidup, politik, pertahanan dan keamanan.

“Oleh karena itu saya sebagai mahasiswa sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan dan berharap dengan adanya upaya tersebut. Masyarakat bisa benar-benar memanfaatkan peluang untuk meningkatkan perekonomian,” jelasnya.

Sementara itu Bupati Majalengka Karna Sobahi mengatakan, salah satu jalur yang akan diperbaiki adalah jalur yang membentang dari Kecamatan Sindangwangi, Rajagaluh, Sindang, Argapura, Maja, Banjaran, Talaga dan Cikijing. Saat ini, jalur tersebut penuh dengan wisata alam yang menakjubkan.

“Jatilima itu suatu kebutuhan. Sekarang BIJB Kertajati sudah ramai. Kita siapkan akses jalan menuju sejumlah obyek wisata alam. Kebetulan lebih banyak di jalur itu,” ungkapnya.

Bu‎pati juga menambahkan, obyek wisata alam yang mendunia yakni Panyaweuyan adalah terasering tanaman bawang yang membentang dari Cikijing sampai Argapura.

“Maka ketika jalur tersebut selesai dibangun, saya optimis banyak pengunjung luar, bahkan turis asing yang akan melintas ke jalur itu.Teknisnya kita lebarkan jalan yang sudah ada. Tentu saat ini sedang tahap pembebasan lahan warga. Itu semua demi ekonomi, dan peningkatan usaha masyarakat,” ungkapnya. (bae)

[adrotate banner="13"]

Berita Terkait