Pemberdayaan UKM, ASDP Salurkan Dana Kemitraan Rp500 Juta untuk Petani Padi Indramayu

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyalurkan dana kemitraan kepada Kelompok Petani Padi Winong Jaya, Kabupaten Indramayu. FOTO:PNM INDRAMAYU FOR RADAR CIREBON
PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyalurkan dana kemitraan kepada Kelompok Petani Padi Winong Jaya, Kabupaten Indramayu.FOTO:PNM INDRAMAYU FOR RADAR CIREBON

INDRAMAYU-PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), salah satu BUMN di Indonesia yang bergerak dalam jasa angkutan penyeberangan dan pengelola pelabuhan penyeberangan untuk penumpang, kendaraan, dan barang, turut melakukan pemberdayaan terhadap masyarakat, khususnya pelaku UMKM. Kegiatan pemberdayaan tersebut melalui penyaluran dana kemitraan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) kepada Kelompok Petani Padi Winong Jaya, Kabupaten Indramayu.

Manager Program Kemitraan dan Bina Lingkungan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Intan Sugiharti menjelaskan, program kemitraan tersebut merupakan wujud komitmen sosial PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dalam hal pemberdayaan masyarakat, khususnya bagi para pelaku UMKM. Sasaran kali ini adalah para petani padi Indramayu. “Meskipun bukan berada di wilayah operasi kami, ASDP menyadari peran penting¬† Indramayu sebagai salah satu lumbung padi nasional,” jelasnya.

Total penyaluran dana untuk kegiatan pemberdayaan tersebut sebesar Rp500 juta. Dananya diserahkan kepada Kelompok Petani Padi Winong Jaya, Kabupaten Indramayu. Melalui dana pemberdayaan tersebut, diharapkan dapat membantu pengembangan UMKM, khususnya bagi Kelompok Petani Padi Winong Jaya, Kabupaten Indramayu.

“Kami menyadari bahwa Indramayu merupakan lumbung padi nasional. Karenanya, kami akan mendukung petani-petani kelompok Winong Jaya untuk lebih meningkatkan produksi padi dengan kualitas baik. Sehingga dengan demikian, akan mencapai peningkatan kesejahteraan dengan mengubah petani padi tradisional menjadi modern,” paparnya.

Program kemitraan tersebut terlaksana berkat kerja sama antara ASDP dengan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM, sebuah BUMN yang bergerak di bidang pembinaan dan pengembangan usaha mikro dan kecil (UMK). PNM Indramayu membantu realisasi dari program PKBL ASDP tersebut berupa pendampingan dan pelatihan.

Sementara itu, Pemimpin Cabang PNM Indramayu, Nanang Komarudin berharap, dengan banyaknya program-program sinergi BUMN ini dalam bentuk penyaluran dana bisa diserap dan dimaksimalkan dengan oleh para petani Indramayu. “Selain itu, dibarengi pula dengan sikap amanah dan tanggung jawab yang baik dari para penerima dana, sehingga keberlangsungan kegiatan ini akan terus berkelanjutan di Kabupaten Indramayu,” ujarnya. (swn/adv)