Pemberkasan Sudah Beres, CPNS yang Lolos Mulai Bekerja Bulan Mei

ILUSTRASI

CIREBON–Pemerintah Kota Cirebon merampungkan pemberkasan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Peserta seleksi yang sudah dinyatakan lulus, tinggal menanti verifikasi Badan Kepegawai Nasional (BKN). Untuk kemudian memulai hari pertamanya sebagai pegawai Pemerintah Kota Cirebon.

Kepal Bidang Mutasi Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Sri Lakhsmi menjelaskan, usai merampungkan pemberkasan saat ini tinggal menunggu input data ke Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK).

Data usulan formasi 276 sudah dikirim sesuai Surat Keputusan (SK) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB). “Ini tinggal tunggu cek kualifikasi. Habis tiu disetujui akan muncul hasil verifikasi data dari menpan,” ujarnya kepada Radar Cirebon.

Data yang sudah dikirim, nanti akan di-input satu per satu oleh BKPPD. Namun, input data ini baru dilakukan ke SAPK setelah penetapan formasi menpan, pengumuman hasil akhir dari pansel, pengumuman hasil akhir PPK dan surat pengantar dan nominatif hasil Cetak SAPK.

“Data fisik SAPK diterima paling cepat tanggal 21 Januari,  paling lambat akhir Februari ke kantor regional BKN Jawa barat,” jelasnya, didampingi Kasubid Pengangkatan Pemberhentian dan Data BKPPD Muhammad Riswanto.

Sri menjelaskan Final yang diterima sebagai CPNS dari 276 formasi  yang diterima hanya 267. Yang kosong formasi tidak ada yang mendaftar itu dokter spesialis, kemudian sandiwan untuk bagian umum sekretariat daerah (setda). Padahal formasi ini cukup penting bagi pemkot. “Formasi Dokter spesialis seperti spesialis jantung, sepsialis bedah karena tidak ada yang mendaftar akibat usianya sudah melebihi 35 tahun,” bebernya.

Namun demikian untuk pemberkasan mereka yang diterima sebagai CPNS sudah beres semua dari masing masinh CPNS yang lulus. Setelah nanti SAPK beres maka dari BKN akan turun NIP (nomor induk pegawai).

Diharapkan mulai penempatan kerja bulan April atau  Mei. Dalam rentang waktu ini, CPNS sudah bisa bekerja. Kemudian dua pekan masuk sebagai CPNS langsung mengikuti prajabatan, karena aturannya salam kurun waktu satu tahun pra jabatan harus sudah selesai. Prajabatan dilakukan selama tiga bulan dengan sistem klasikal satu bulan dan dua bulan ke lapangan.

Selama belum diangkat penuh sebagai PNS, mereka akan mendapakan gaji total 80 persen. Terdiri terdiri dari gaji pokok, TPP belum penuh, tunjangan keluarga  bagi yang sudah berkeluarga. Setelah  PNS penuh melalui SK pengangkatan PNS maka mendapat gaji 100 persen.

Bahkan untuk formasi disabilitas ada yang masuk sebagai CPNS dan saat mendaftar lolos, yang bersangkutan mengisi formasi guru kesenian. Bahkan  ijazah S1-nya cum laude dari UPI Bandung dan akan menjadi CPNS guru seni di SMPN 5. (abd)