Pemdes Sumber Jaya Olah Zakat untuk Anak Yatim

ZAKAT1
BERBAGI: Kepala Desa Sumberjaya Unang Kurniadi didampingi perangkat desa beserta Bhabinkamtibmas menyantuni puluhan anak yatim piatu, di balai desa setempat, Minggu (2/6). FOTO: ONO CAHYONO/RRADAR MAJALENGKA

MAJALENGKA – Pemerintah Desa Sumberjaya, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Majalengka, menggelar bakti sosial dengan menyantuni 77 puluh anak yatim, Minggu (2/6). Kegiatan itu, sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat khususnya yatim piatu.

Kepala Desa Sumberjaya, Unang Kurniadi SP menyebutkan, kegiatan ini merupakan upaya dalam meminimalisasi angka kemiskinan di wilayahnya. Hal ini juga sejalan dengan program Pemerintah Daerah Majalengka.

“Kegiatan ini selain merupakan program Pemdes dalam upaya mengurangi angka kemiskinan juga sebagai bentuk kepedulian pemdes di bidang sosial masyarakat,” ujarnya.

Secara pribadi, kata Unang, kegiatan ini diharapkan memberi keberkahan dan kemudahan bagi aparat desa dalam menjalankan roda Pemerintah Desa Sumberjaya.

Unang mengaku, jika pemberian santunan kepada yatim piatu merupakan kegiatan rutin tahunan. Anggaran untuk santunan, lanjut dia, adalah hasil dari pendapatan zakat mal sebesar 2,5 persen  dari penghasilan tetap (Siltap) para pamong setiap bulannya. Adapun besaran santunan tersebut sebesar Rp 150 ribu per anak.

Ditambahkan kegiatan tersebut diharapkan menjadi motivasi bagi kepala desa lain khususnya di wilayah Sumberjaya.

“Sebab kalau pembangunan fisik rampung itu belum bisa dikatakan sukses jika belum berbagi kasih dengan anak yatim piatu. Terutama di wilayah kita masih banyak orang yang membutuhkan. Kalau bukan kita, siapa lagi yang peduli,” imbuhnya.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Desa Sumberjaya AIPTU Enco Sukarsa mengapresiasi Pemdes Sumberjaya. Pihaknya berharap kegiatan serupa bisa diikuti desa lain di wilayah hukum Sumberjaya. (ono)

[adrotate banner="13"]

Berita Terkait