Pemkab Cirebon Wujudkan Zona Integritas WBK-WBBM

Canangkan-WBK-WBBM-(1)
ZONA INTEGRITAS: Pemkab Cirebon mencanangkan zona integritas WBK-WBBM dengan merintis enam SKPD sebagai percontohan. FOTO: NUR VIA PAHLAWANITA/RADAR CIREBON

CIREBON- Pemerintah Kabupaten Cirebon siap mewujudkan zona integritas (ZI) melalui wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) yang ditandai dengan pencegahan korupsi, reformasi birokrasi dan peningkatakan kualitas pelayanan publik. Demikian dikatakan Asda III Setda Kabupaten Cirebon, Erry A H Adisaputra kepada wartawan koran ini, kemarin.

Untuk itu, pihaknya sudah merintis untuk membangun zona integritas menuju WBK-WBBM dengna menyiapkan enam satuan kerja perangkat daerah (SKPD) sebagai percontohan yakni RSUD Arjawinangun, RSUD Waled, Disdukcapil, DPMPTSP, Kecamatan Suranenggala dan Puskesmas Beber.

Menurutnya, dalam pencanangan zona integritas menuju WBK-WBBM ini melalui proses penilaian dan evaluasi, meliputi aspek manajemen perubahan, penataan ketatalaksanaan, penataan SDM, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan dan peningkatan kualitas pelayanan publik, sehingga dapat ditetapkan sebagai zona integritas oleh KemenpanRB.

“Dalam pencanangan ZI menuju WBK-WBBM mulai pimpinan perangkat daerah sampai dengan aparatur pelaksana. Bahkan, satpam, cleaning service dan juru parkir juga diajak membangun integritas individu dan integritas organisasi di lingkungan kerja masing-masing,” ujarnya.

Semua pihak, lanjut Erry, mulai dari pimpinan sampai bawahan harus punya komitmen yang kuat, mempunyai mindset dan cultureset (pola pikir dan budaya kerja) yang sama sehingga keberhasilan membangun zona integritas ini dapat dicapai.

Dikatakannya, saat ini Kabupaten Cirebon memiliki 73 SKPD. Pihaknya berharap, tiap tahun jangan hanya 6 SKPD namun 20 SKPD harus siap untuk mencanangkan zona integritas untuk mewujudkan WBK dan WBBM.

“Tahun ini yang jadi proyek percontohan ada 6 SKPD. Saya harap tiap tahun ada 20 SKPD sehingga dalam 4 tahun semua SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Crebon dapat mewujudkan WBK dan WBBM,” tukasnya. (via)

Berita Terkait