Pemkab Kuningan Jamin Stok Beras Aman

tinjau-bulog
CEK BERAS: Wakil Bupati Kuningan M Ridho Suganda meninjau ketersediaan stok beras di Gudang Bulog Desa Bandorasa Wetan, Kecamatan Cilimus, kemarin. Foto: Agus Panther/Radar Kuningan

KUNINGAN – Pemkab Kuningan berusaha menjamin ketersediaan stok beras dan bahan pokok lainnya menjelang datangnya Hari Raya Idul Fitri. Jaminan ketersediaan itu sangat penting mengingat konsumi masyarakat di hari raya nanti dipastikan meningkat.

Karena itu, Wakil Bupati M Ridho Suganda meninjau ketersediaan stok beras di Gudang Bulog Desa Bandorasa Wetan, Kecamatan Cilimus. Selain ke Gudang Bulog, Wabup Edo -sapaan akrabnya-, juga melakukan sidak ke sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Kuningan.

Peninjauan Wabup Edo didampingi langsung Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Kuningan Agus Sadeli dan Kabag Ekonomi Setda Toto Toharudin. Kunjungan ini dilakukan untuk melihat ketersediaan stok beras daerah dalam beberapa bulan ke depan.

Wabup sendiri nampak puas melihat stok beras yang melimpah di gudang Bulog. Begitu juga bahan pokok lainnya di pasar-pasar tradisional distribusinya lancar, dan harga belum mengalami kenaikan yang tinggi.

Wabup Edo dalam keterangan persnya mengakui, jika ketersediaan bahan pangan yang cukup akan menjaga stabilitas harga pangan. Hal itu pun dapat berpengaruh pada terjaganya inflasi daerah.

“Pemerintah daerah punya tanggung jawab untuk menjaga kestabilan harga. Upaya yang dilakukan memastikan tidak adanya penimbunan barang bahan pokok sampai menjelang hari raya Lebaran,” ujarnya, kemarin (22/5).

Menurut Edo, saat ini jumlah stok pangan masih mencukupi, namun perlu langkah antisipatif menjaga stabilitas harga pangan. Karena itu, dia mengimbau agar para pedagang tidak menaikkan harga secara berlebihan sebab dapat membebani masyarakat khususnya yang berpenghasilan rendah.

“Saya mengharapkan harga kebutuhan bahan pokok menjelang Lebaran di beberapa pasar tradisional Kuningan tetap stabil. Meski terjadi kenaikan harga, namun masih dalam tingkat wajar,” katanya.

Dia menyampaikan, stok keterasediaan beras di Gudang Bulog saat ini masih aman. Bahkan, beras yang dihasilkan oleh petani Kuningan memiliki kualitas baik.

“Alhamdulillah Kabupaten Kuningan merupakan produsen beras dengan kualitas premium. Dan Bulog memastikan bahwa beras masih cukup tersedia hingga tahun depan,” sebutnya.

Tak hanya stok beras, Wabup Edo juga menyebutkan jika ketersediaan daging yang ada di beberapa pasar tradisional, kini masih dalam kondisi aman. Pasokan dari distributor juga lancar, sehingga harganya masih bisa dikendalikan.

“Ketersediaan daging di Pasar Cilimus, alhamdulillah masih aman. Ayo ibu-ibu mari berbelanja ke pasar tradisional,” ajaknya.

Dalam kesempatan itu, Wabup Edo mengimbau, jika memang ada kenaikan harga harus pada batas kewajaran. Itu pun karena adanya permintaan yang meningkat, terkait menjelang hari raya sering terjadi pada barang bahan pokok yang terbatas. (ags)

Berita Terkait