Pemkot akan Hibahkan Tanah ke Kemenag

Ilustrasi

CIREBON-Keinginan Kementerian Agama (Kemenag) Kota Cirebon membangun gedung baru, bakal terwujud. Syarat status tanah harus milik kemenag, bakal segera dipenuhi. Pemerintah Kota Cirebon membuka kemungkinan hibah aset tanah untuk keperluan tersebut.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Cirebon Drs H Agus Mulyadi MSi mengatakan, permohonan hibah dari Kemenag Kota Cirebon sudah diterima. Surat kepada walikota terkait pengajuan hibah sudah disetujui. Prioritasnya, adalah lahan yang digunakan oleh kantor kemenag dan KUA Harjamukti. “Kemarin sudah diukur, kita fokus proses untuk hibahnya,” ujar Gus Mul -sapaan akrabnya- kepada Radar Cirebon.

Di luar lahan untuk kantor kemenag, ternyata ada juga milik Perusahaan Daerah (PD) Pembangunan. Dan lahan tersebut ditempati KUA. Khusus untuk aset tanah ini, BKD belum dapat memproses. Sebab, kewenangannya sebatas pada aset pemerintah kota.

Sedangkan untuk lahan milik PD, sifatnya berupa pelepasan aset dan mesti diproses dengan tersendiri. “KUA yang lain selain Kecamatan Harjamukti lahannya milik PD pembangunan, dan itu bukan kewenangan kami,” katanya.

Untuk hibah kepada instansi pemerintah, pemkot tidak perlu persetujuan dewan. Sifatnya hanya pencatatan, dan DPRD hanya mendapatkan pemberitahuan. (abd)

[adrotate banner="13"]

Berita Terkait