Penataan Sungai Cikalong Termasuk Taman Tematik

Eskavator memperbaiki senderan Sungai Cikalong, Kelurahan Kecapi. BBWS Cimancis akan membuat senderan dan pemanfaatan lahan menjadi taman tematik.FOTO:OKRI RIYANA/RADAR CIREBON

CIREBON-Sungai Cikalong rencananya akan dilakukan penataan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung (BBWS Cimancis). Penataan berupa normalisasi sungai tersebut sepanjang 50 meter, pembuatan senderan serta pemanfaatan lahan daerah aliran sungai menjadi taman tematik.

Satker OP Sungai BBWS Cimancis, Uki MT MSi mengatakan, penataan ini masuk pada program peningkatan pengelolaan sempadan wilayah Sungai Cimanuk berupa penataan sempadan Sungai Cikalong. “Penataan ini baru pilot project saja, karena hanya sepanjang 50 meter. Dan pengerjaan sudah seminggu ini dilaksanakan. Targetnya bulan depan bisa selesai,” ujarnya kepada Radar Cirebon.

Selanjutnya, pada tahun depan akan dilanjutkan dengan normalisasi sungai berupa pengerukan, di lahan pinggir sungai juga akan diperbanyak taman tematik sebagai tempat terbuka untuk fasilitas umum. Dengan dibuatnya fasilitas umum tersebut, bisa mencegah masyarakat untuk membuat bangunan di sepadan sungai.

Sementara Wakil Walikota Cirebon Dra Eti Herawati menambahkan, pihaknya mendorong BBWS Cimancis untuk tidak selesai di Sungai Cikalong saja. Ada sungai lainnya yang membelah Kota Cirebon yang perlu penataan.  “Saya apresiasi cepat tanggap BBWS dalam penataan Sungai Cikalong. Tapi juga Sungai Kedungpane yang urgent untuk dilakukan penataan. Karena potensi meluap pada musim hujan sangat besar,” ungkapnya.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Bupati Cirebon dan BBWS untuk melakukan penataan bersama dan berkelanjutan. Mengingat kabupaten merupakan hulu dan kota merupakan hilir dari Sungai Kedungpane. “Sudah koordinasi dengan kabupaten dan BBWS, nanti dikaji lagi perencanaannya,” tandasnya. (gus)

[adrotate banner="13"]

Berita Terkait