Pengawasan dan Evaluasi Wihanrat di Koramil Juntinyuat

koramil
CEK WILAYAH: Pasi Bin Wanwil Korem 063/SGJ Mayor Inf Yuyum Rubiansyah SPd MM (tengah) didampingi Danramil 1609/Juntinyuat Kapten Inf H Nariman dan Pasi Ter Dim 0616/Indramayu Kapten Arh Faturokhman.FOTO: ADUN SASTRA/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU – Korem 063/Sunan Gunung Jati Cirebon melaksanakan kegiatan Pengawasan dan Evaluasi Rencana Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat (Wilhanrat) di jajaran Kodim 0616/Indramayu, Kamis (8/8). Salah satu yang dikunjungi adalah Koramil 1609/Juntinyuat.

Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) Korem 063/Sunan Gunung Jati Cirebon dipimpin Perwira Seksi Pembinaan Perlawanan Wilayah (Pasi Bin Wanwil) Mayor Inf Yuyum Rubiansyah SPd MM. Menurutnya, kegiatan ini merupakan program rutin yang dilaksanakan jajaran TNI.

“Program rutin di jajaran TNI, khususnya di jajaran Korem 063/Sunan Gunung Jati. Ini sebagai bentuk pembinaan terhadap seluruh kesatuan hingga satuan komando wilayah,” ungkapnya.

Ditambahkan Yuyum, sebagai ujung tombak di satuan komando wilayah, Bintara Pembina Desa (Babinsa) memiliki peran yang sangat vital menjaga dan mempertahankan wilayah pertahanan darat. Untuk itu, seluruh babinsa diwajibkan untuk mengetahui dan memahami tentang Rencana Tata Ruang Wilhanrat.

“Inilah yang menjadi inti dari pengawasan dan evaluasi ini. Membina seluruh babinsa agar memahami dengan benar akan pentingnya Wilhanrat di wilayah binaan masing-masing,” imbuhnya.

Di era keterbukaan saat ini, lanjut Yuyum, TNI pun dituntut untuk mengikuti arus perkembangan yang ada. Hal ini dilakukan, agar tugas dan kewajiban sebagai prajurit sapta marga bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

“Laksanakan perintah dengan sebaik-baiknya. Jika ada kendala, sampaikan pada komando atas,” tegasnya.

Sementara itu, Danramil 1609/Juntinyuat Kapten Inf H Nariman didampingi Perwira Seksi Teritorial (Pasi Ter) Kodim 0616/Indramayu Kapten Arh Faturokhman, menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan Korem 063/Sunan Gunung Jati Cirebon. Menurutnya, pembinaan wilhanrat memiliki posisi strategis dalam rangka mempertahankan dan menegakkan kedaulatan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“TNI harus semakin manunggal dengan rakyat. Karena hanya dengan bersama rakyat lah, TNI akan makin kuat dalam mengabdikan diri pada rakyat, bangsa dan negara,” pungkasnya. (dun)