Pengcab Wushu Kuningan Target Raih Tiga Medali di Porda

ilustrasi-wushu
ilustrasi-wushu

KUNINGAN-Persiapan terus dilakukan Pengcab Wushu untuk menghadapi pekan olahraga daerah (Porda) 2018 yang akan digelar di Bogor, Oktober mendatang. Pengcab Wushu menargetkan tiga medali di arena olahraga antar daerah se Jawa Barat tersebut karena melihat adanya peluang dari beberapa nomor.

Untuk mencapai target itu, para atlet cabor ini sedang menjalani pelatihan daerah (pelatda) di Kabupaten Sukabumi. Dipilihnya Sukabumi lantaran daerah ini mempunyai sarana dan kondisi daerah yang memadai.

Manajer Wushu Kabupaten Kuningan Apep Kumara ST MT mengatakan, ada lima atlet wushu binaannya yang sedang menjalani pelatda di Sukabumi. Apep yang juga Kabid Bina Marga pada Dinas PUPR merasa yakin jika para atletnya mampu memenuhi target yang dibebankan. Apalagi dalam sejumlah event, atletnya sukses mempersembangkan medali.

“Banyak kemajuan yang dicapai atlet kami setelah menjalani pelatda di Sukabumi. Di sana, ada lawan latih tandang dengan kualitas mumpuni. Sehingga kemajuan para atlet juga sangat signifikan, dan kami terus melakukan pemantauan,” paparnya kepada Radar Kuningan.

Di porda nanti, kata dia, ada beberapa nomor yang akan diiikuti. Antara lain Daosu, Nan Gun, Qiansu, Cangquan dan lainnya. Sedangkan atlet yang dipersiapkan adalah Mutia Azela, Puty Reza Alkausar, Lela Siti Nurpaidah, Ade Muhidin, dan Indah Rossy Nuradian. “Ini atlet terbaik yang dimiliki Kabupaten Kuningan. Mereka terus digenjot kemampuannya di bawah pelatih berpengalaman dan berkualitas. Soal hasil nanti di porda, kami sangat optimistis bisa mencapai target yang dibebankan. Terlebih dorongan dari pak bupati sangat besar, dan itu memacu semangat para atlet,” sebut Apep.

Menurut Apep, lima atlet yang ada di pelatda berhasil meraih medali di berbagai kejuaran. Seperti Mutia Azela dan Puty Reza Alkausar yang pernah mendapat medali emas, Lela Siti Nurpaidah dan Ade Muhidin peraih medali perunggu, serta Indah Rossy Nuradian peraih perak. Target cabor wushu sendiri yakni meraih tiga medali emas. Hal ini dinilai rasional, dengan raihan dua medali emas pada Babak Kualifikasi (BK) Porda. “Kita memberangkatkan lima atlet untuk cabor wushu, empat perempuan dan satu laki-laki. Kita optimis meraih tiga medali emas, atau bisa lebih,” katanya.

Para atlet ini akan mengikuti ajang Porda Jabar dengan bertanding di kelas/nomor berbeda. Seperti Daosu, Nan Gun, Qiansu, Cangquan dan lainnya. “Jika memang nantinya bisa meraih lebih dari tiga medali, ya itu adalah hasil buah kerja keras para atlet. Yang jelas, Pengcab Wushu terus memberikan semangat dan akan menggelontorkan bonus kepada atlet yang meraih medali di Porda. Bonus itu sebagai bentuk apresiasi kami kepada para atlet yang sudah mengharumkan nama Kabupaten Kuningan di ajang porda,” pungkasnya. (ags)

Berita Terkait