Pengiriman JNE Naik 30% Jelang Lebaran

GATHERING: JNE Cirebon mengadakan media gathering di Hotel Luxton, Senin (20/5). FOTO: SRI WAHYU NINGSIH/RADAR CIREBON
GATHERING: JNE Cirebon mengadakan media gathering di Hotel Luxton, Senin (20/5). FOTO: SRI WAHYU NINGSIH/RADAR CIREBON

CIREBON – Ramadan dan Lebaran, menjadi peak season bagi JNE karena terdapat peningkatan jumlah kiriman rata-rata sekitar 30 persen secara nasional, dibanding hari-hari normal.

Tahun ini, JNE pun telah mengantisipasinya dari jauh hari dengan berbagai langkah strategis, untuk memperkuat kapabilitas di internal mau pun meningkatkan sinergi dengan para penyedia transportasi.

Branch Manager JNE Cirebon, Syahrilruddin mengungkapkan, peningkatan jumlah pengiriman dan penerimaan barang di area Cirebon sudah terlihat jelang Ramadan. Baik inbound (paket barang yang masuk) dan outbound (paket barang yang keluar/dikirim) meningkat sekitar 30 persen.

Untuk inbound rata-rata per hari 14.000 paket barang per hari. Sedangkan pada Ramadan menjadi 19.000 paket per hari. Begitu pula dengan outbound, rata-rata per hari sebanyak 9.000 paket per hari, meningkat jadi 14.000 paket per hari.

“Peningkatannya sudah terjadi sejak menjelang Ramadan. Puncak pengiriman dua minggu jelang Lebaran. Dan mulai menurun H-7 Lebaran karena sudah mulai mudik,” ungkapnya, (20/5).

Khusus di Cirebon, JNE menambah armada dan SDM sebesar 10 persen. Penambahan armada tersebut, seperti blind van untuk menunjang aktivitas pick up, baik di semua titik layanan atau sales counter maupun customer, serta dilengkapi unit truk yang difungsikan sebagai angkutan pengiriman via darat rute Cirebon-Jakarta. Begitu pun SDM yang ditambah, sehingga berjumlah hampir 200 orang.

Dengan berbagai persiapan yang dilakukan serta performa kerja yang lebih maksimal, JNE akan membuktikan bahwa isu yang kerap beredar saat high season seperti “JNE overload” adalah hoax.

Pelanggan setia JNE dapat memanfaatkan beragam fasilitas dan kemudahan dengan adanya aplikasi myJNE, layanan customer care 24 jam, hingga menyediakan box dengan beragam ukuran untuk memudahkan para pelanggan mengirimkan barang dengan packaging yang telah disediakan JNE.

“Langkah persiapan yang dilakukan ini untuk memudahkan para pelanggan untuk menghadapi peak season tahun ini,” jelasnya.

Untuk mendapatkan fasilitas tersebut, pelanggan cukup datang ke JNE Cirebon yang beralamat di Ruko Office Park No 09 Cirebon Super Blok, atau di Jl Dr Cipto MK No 26 Kesambi-Cirebon, dan juga di Jl Jend Sudirman No 152 Cileres Ciperna Kota Cirebon.

Ketiga kantor JNE tersebut, memiliki waktu layanan hari Senin-Sabtu Pkl 07.00-21.00 WIB dan Hari Minggu pukul 07.00-16.00 WIB, serta melayani pengiriman di Hari Idul Fitri.

Head of Regional Jawa Barat, Murah Lestari menambahkan, khusus wilayah Jawa Barat diprediksi mengalami peningkatan pengiriman pada peak season tahun ini lebih dari 30 persen.

Peningkatan jumlah kiriman jelang Lebaran, akan didominasi pelaku online shop, khususnya untuk jenis pakaian dan aksesori. Cirebon sendiri memiliki primadona yang dapat dipesan di PESONA yaitu Batik Trusmi.

Selain penambahan SDM dan armada, JNE juga menyelenggarakan beragam program khusus bagi karyawan, seperti Safari Ramadan, Buka Bersama Akbar, Halal Bihalal Karyawan, dan yang lainnya.

“Begitu juga bagi masyarakat, JNE telah menyiapkan ribuan takjil untuk dibagikan menjelang berbuka puasa di sekitar kantor cabang utama JNE di berbagai kota, menyediakan posko mudik untuk memudahkan perjalanan para pemudik,” tambahnya. (swn)