Penjualan Ace Sepanjang 2018 Tumbuh 21,9 Persen

PAPARAN PUBLIK: Presiden Direktur PT Ace Hardware Indonesia Tbk, Prabowo Widyakrisnadi, memberikan penjelasan dalam sesi paparan publik. FOTO: ACE FOR RADAR CIREBON
PAPARAN PUBLIK: Presiden Direktur PT Ace Hardware Indonesia Tbk, Prabowo Widyakrisnadi, memberikan penjelasan dalam sesi paparan publik.FOTO: ACE FOR RADAR CIREBON

JAKARTA-PT Ace Hardware Indonesia Tbk menyelenggarakan Paparan Publik (Public Expose), di Gedung Kawan Lama, Jakarta Barat pada Rabu, 15 Mei 2019. Acara ini diselenggarakan setelah dilakukan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa di lokasi yang sama.

Rapat Umum Perseroan menyetujui empat agenda RUPS Tahunan dan satu agenda RUPS Luar Biasa. Di antaranya pembagian dividen dengan payout ratio sebesar 50 persen dari laba bersih tahun 2018 atau Rp28,25 per saham.

Dalam acara Paparan Publik, manajemen menyampaikan pencapaian perseroan pada tahun 2018 lalu, serta rencana perseroan untuk tahun 2019.

Di tahun 2018 lalu, perseroan mencatat pertumbuhan penjualan sebesar 21,9 persen menjadi Rp7,2 triliun. Pertumbuhan tersebut ditopang dengan SSG (same-store growth) sebesar 13,5 persen dan kontribusi dari gerai baru yang dibuka selama tahun 2018 dan 2017. Laba tahun berjalan adalah Rp976 miliar, atau tumbuh sebesar 25,1 persen dibandingkan tahun 2017.

Di tahun 2018, perseroan mempercepat program ekspansi, dengan membuka 33 gerai Ace dan 9 gerai Toys Kingdom, atau setara dengan penambahan retail space sebesar 61 ribu meter persegi dan menjadikan keseluruhan retail space berjumlah lebih dari 450 ribu meter persegi.

Pencapaian target ekspansi tersebut lebih tinggi dibandingkan proyeksi awal perseroan yang telah disampaikan pada acara Paparan Publik tahun 2018 lalu, yakni 10-15 gerai.

Perseroan juga memperkenalkan konsep gerai baru yang disebut Ace Xpress, yang berukuran di bawah 1.000 meter persegi, berlokasi lebih dekat dengan pelanggan serta menawarkan produk kebutuhan sehari-hari. Pada 2019, perseroan telah menetapkan rencana ekspansi untuk membuka sebanyak sekitar 20-25 gerai Ace baru.

Presiden Direktur PT Ace Hardware Indonesia Tbk, Prabowo Widyakrisnadi mengatakan, pencapaian penjualan perseroan di kuartal 1/2018 masih menunjukan pertumbuhan positif dibandingkan tahun sebelumnya, yakni sebesar 19,6 persen.

”Kami akan melanjutkan program ekspansi dengan pembukaan gerai yang cukup agresif tahun ini,” tegasnya.

Untuk mendukung pertumbuhan penjualan, Ace akan terus memberikan pelayanan premium untuk mengundang pelanggan dan menawarkan banyak produk berkualitas (sekitar 64.000 items) melalui berbagai program promosi yang lebih menarik. Saat ini, Ace memiliki 2,2 juta anggota program keanggotaan Reward Program. (swn)