Perenang Difabel Asal Majalengka Sabet Medali Emas dan Perunggu di Abu Dhabi

Falma Thifal Fikriah (15), atlet renang difabel asal Kabupaten Majalengka meraih medali emas dan perunggu pada kejuaraan international Spescial Word Olympic Summer Games di Abu Dhabi, Selasa (19/3). FOTO: IST/RADAR MAJALENGKA
Falma Thifal Fikriah (15), atlet renang difabel asal Kabupaten Majalengka meraih medali emas dan perunggu pada kejuaraan international Spescial Word Olympic Summer Games di Abu Dhabi, Selasa (19/3).FOTO: IST/RADAR MAJALENGKA

MAJALENGKA-Prestasi  luar biasa berhasil ditorehkan putra terbaik  asal Kabupaten Majalengka, Falma Thifal Fikriah (15). Atlet renang difabel  yang masih duduk dibangku kelas VIII  SMP SLBN Majalengka berhasil meraih medali  emas  dan perunggu pada kejuaraan international Spescial Word Olympic Summer Games  di Abu Dhabi, Selasa (19/3).

Informasi yang dihimpun Radar Majalengka menyebutkan, Falma  mendapat  juara pertama (medali emas)  di nomor 100 meter gaya bebas dan  meraih perunggu   di nomor 50 meter renang gaya bebas.   Anak kedua dari dua bersaudara  dari pasangan Mumuh Muhidin dan Sri Yustini asal Desa Pasir Muncang Kecamatan Panyingkiran Kabupaten Majalengka, Jawa Barat ini telah membawa harum tanah air dan Kabupaten Majalengka. Prestasi yang diraih remaja  tuna grahita ringan kelahiran Majalengka,  14 Februari 2004 ini  membuat bangga bupati Majalengka DR H Karna  Sobahi  MMPd.

“Luar biasa untuk Falma yang telah berhasil menjuarai renang di  kejuaraan international. Prestasi ini  membawa harum Kabupaten Majalengka, terima kasih untuk Falma semoga prestasinya dapat ditingkatkan lagi,” ujar Bupati  Karna kepada   wartawan.

Penuturan orang tuanya, Mumuh Muhyidin, putrinya menjalani latihan renang sejak usia 8 tahun, dan mengikuti berbagai kejuaraan lokal maupun regional sejak usia 12 tahun. Disebutkan pada  Kejuaraan tahun 2018 Kejurnas soina di Riau meraih emas di 100m gaya bebas dan  perak 50m gaya dada. Pada ajang Papaperda Di bogor meraih emas 200m gaya dada dan perak 50m gaya kupu. “Falma masuk pelatnas Di Universitas Negeri Jakarta sejak . 4 Februari s/d 8 Maret,” ujar Mumuh kepada Radar Majalengka.

Selanjutnya, Falma  bertolak  ke Abudhabi dalam rangka kejuaraan Spesial Word Olympic Summer Games dan turun dalam dalam dua nomer yakni 50m gaya bebas mendapat perunggu dan  100m gaya bebas mendapat emas. “Alhamdulilah Falma bisa meraih dua medali di Abu Dhabi, kami bersyukur dan bangga, terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah bersama-sama mendoakan Falma, karena Falma dapat juara berkat dukungan dan doa dari semuanya,”  ujarnya diiyakan sang istri Sri Yustini.

Terpisah, Kepala SLB Negeri Majalengka Ida Yumiati SPd  menyatakan  rasa bangganya atas prestasi yang diperoleh Falma di ajang Internasional. “Kami atas nama SLB Negeri Majalengka merasa bangga dan bersyukur atas prestasi siswi kami Falma  yang mewakili Indonesia untuk mengikuti kejuaraan renang dalam event Special Olympic World Game di Abu Dhabi 2019, Mudah-mudahan dengan prestasi siswa kami ada perhatian dari Pemerintah Daerah dan Presiden. Dan anak anak difable lainnya lebih maju dan lebih berprestasi lagi,” ujar Ida kepada Radar Majalengka.

Sementara itu, pelatih renang Falma, Heri Prasetyo menyatakan Falma sangat baik, di usia 15 tahun sudah mencapai prestasinya di tingkat dunia. “Saya sangat terharu ketika apa yang saya inginkan selalu di jawab oleh Falma. Ini adalah oleh-oleh untuk semua warga negara Indonesia yang akan di bawa Falma Pulang. Kebanggaan dan kebahagiaan bagi saya tidak terukur di jawab oleh Falma,” katanya.  (ara)