Petani Percepat Masa Tanam

INDRAMAYU-Petani di Kecamatan Cantigi, kembali melakukan tanam untuk musim tanam rendeng 2019.

Percepatan tanam dilakukan sehubungan pasokan air  saat ini cukup tersedia untuk kebutuhan padi. Biasanya di bulan Mei ini, petani dibuat kesulitan mendapatkan pasokan air.

Petani Desa Cantigi Kulon Kecamatan Cantigi Marhamah mengatakan, kebutuhan air saat ini mencukupi, ditambah masih adanya hujan dalam beberapa hari ini.

Di wilayahnya, kata Marhamah, petani sudah mulai melakukan persemaian, bahkan ada yang mau tanam.

“Kalau tahun-tahun sebelumnya, bulan Mei kemarau. Petani baru melakukan tanam ketika sudah ada pasokan air. Bahkan tanam rendeng kemarin dilakukan jauh hari setelah Lebaran  dikarenakan tidak ada air,” ujarnya, (13/5).

Petani lainnya, Nurali mengatakan, petani merasa senang kebutuhan air telah tercukupi, sehingga langsung melakukan percepatan tanam.

Hanya sekitar satu bulan pasca panen, lanjutnya, petani kembali menggarap sawahnya. Itu dikarenakan saat ini pasokan air tersedia dengan baik.

“Kalau airnya ada seperti sekarang, petani pasti langsung menggarap sawahnya dan melakukan percepatan tanam. Tahun ini hujan kerap turun, padahal di waktu musim kemarau.

Kalau tanamnya sekarang, panen digelar antara bulan September atau Oktober. Selanjutnya di bulan November dan Desember tanam lagi,” kata Nurali. (kom)