Pilpres 2019: Kampanye Terbuka Dimulai, Ini Jadwalnya

Deklarasi Komitmen Bersama Menjelang Kampanye Rapat Umum dan Iklan Kampanye Pemilu di Halaman Parkir Bawaslu RI, Jakarta. Hadir Perwakilan TKN 01 dan BPN 02 serta Parpol peserta Pemilu 2019. (Foto. Twitter Tjahjo Kumolo)

Mulai hari Minggu (24 Maret) ini sudah berlangsung kampanye terbuka dalam rangka Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden (Pilpres). Pengerahan massa dalam jumlah besar akan terjadi. “Kampanye terbuka bagus. Saya kira lakukan semuanya dengan santun kemukakan semua program. Kalau mau kritik, kritik yang sifatnya kampanye negatif saja,” ujar Mahfud, di hotel Treva, Jakarta, Minggu (24/3).

Ia berharap kedua kubu bisa dengan konsisten menjaga komitmen untuk tidak melakukan kampanye hitam. Menunjukkan kekurangan lawan, kata dia, harus dilakukan dengan fakta yang ada di lapangan.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sendiri telah memperoleh komitmen semua pihak untuk mewujudkan proses pemilihan umum yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Mereka telah menandatagan deklarasi yang isinya antara lain:

  1. Menjamin proses kampanye rapat umum dan iklan kampanye sebagai sarana pendidikan politik masyarakat yang dilakukan secara bertanggung jawab dalam meyakinkan pemilih, dengan menawarkan visi misi program dan atau citra diri peserta pemilu.
  2. Tidak melakukan intimidasi, ujaran kebencian, dan menyebarkan berita bohong atau hoaks dalam berkampanye, karena mengurangi kualitas dan integritas pelaksanaan kampanye dalam rapat umum.
  3. Tidak melakukan politik uang.
  4. Tidak melakukan penghinaan terhadap seseorang, agama, suku, ras, golongan, calon, dan atau peserta pemilu lain, serta penghasutan dan adu domba dalam kegiatan kampanye rapat umum dan iklan kampanye.
  5. Tidak menggunakan fasilitas pemerintah, tempat ibadah, dan tempat pendidikan dalam melaksanakan kampanye rapat umum dan iklan kampanye.
  6. Tidak melibatkan aparatur sipil negara (ASN), TNI, Polri, dan anak-anak, serta penduduk yang tidak memiliki hak pilih dalam melaksanakan kampanye rapat umum dan iklan kampanye.
  7. Mendukung Badan Pengawas Pemilihan Umum melakukan pencegahan, pengawasan, dan penindakan yang melanggar terhadap tahapan kampanye dalam rapat umum dan iklan media massa secara adil, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kekhawatiran masyarakat dalam masa kampanye terbuka hingga 13 April nanti, cukup beralasan. Sekarang saja melalui “perang medsos” telah menimbulkan polarisasi, bahkan pertikaian antar pendukung. Kalau ada pihak-pihak yang memprovokasi, dalam kampanye terbuka bisa terjadi perselisihan terbuka pula.

“Black campaign itu sesuatu yang tidak ada di ada-adakan seakan akan orang melakukan yang jelek, padahal itu tidak ada,” ucap Mahfud.

Agar praktik pelanggaran kampanye dan kampanye hitam tidak terjadi, Mahfud berharap, Bawaslu dapat bekerja keras dalam mengawasi. Sanksi tegas juga harus diberikan secara adil pada setiap pelanggar.

“Bawaslu harus berani tegas mengambil tindakan, terutama KPU harus profesional dan tegas menyikapi semua kontestan sama. Karena kalau KPU tidak netral itu akan menjadi sumber bencana,” ungkapnya.

Sementara, pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin memulai kampanye di Zona B sementara paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memulai kampanye di Zona A. Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo memulai rangkaian kampanye terbuka dengan menyapa pendukungnya di kota Serang Provinsi Banten. Sedangkan, calon presiden nomor urut 02 #PrabowoSubianto berkunjung ke Manado pada Minggu (24/3) siang.

Kubu Jokowi mengatakan akan lebih terbuka dalam kampanye ini. “Model kampanye yang akan kita siapkan agak variatif nanti ya,” kata anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi – Ma’ruf, Ahmad Iman Syukri di Jakarta pada Kamis 21 Maret 2019.

Adapun kubu Prabowo menyebut dalam kampanye terbuka ini mengatakan tak ada perubahan jenis kampanye yang akan mereka lakukan. “Nanti Pak Prabowo punya style sendiri, Bang Sandi punya style sendiri. Akan tetapi, bedanya akan terbuka, kemudian Pak Prabowo akan speech seperti biasa. Bang Sandi lebih cozy, lebih asik,” kata Koordinator Juru bicara BPN Prabowo – Sandiaga, Dahnil Anzar Simanjuntak, Kamis lalu.

Berikut jadwal kampanye terbuka Jokowi dan Prabowo sepanjang pekan ini:

  1. Minggu, 24 Maret 2019
    Tempat : GOR Maulana Yusuf Ciceri, Serang, Banten.
    Waktu : 16.00 WIB
  2. Senin, 25 Maret 2019,
    Tempat : Alun-Alun Banyuwangi, Banyuwangi
    Waktu : 09.00 WIB
  3.  Senin, 25 Aret 2019
    Tempat : GOR Jember, Jember.
    Waktu : 13.30 WIB
    Dilanjutkan dengan kampanye tertutup di Malang. Tepatnya di GOR Ken Arok pada malam hari.
  4. Selasa, 26 Maret 2019
    Tempat : Banda Aceh
    Waktu : 11.30 WIB
    Dilanjutkan ke Provinsi Riau. Ada dua titik di Provinsi Riau. Salah satunya Pekanbaru, sedang satunya lagi belum dipastikan.
  5.  Rabu, 27 Maret 2019
    Tempat : Pontianak Convention Center
    Waktu : 09.30 WIB
    Dilanjutkan ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
  6. Kamis, 28 Maret 2019,
    Tempat : Balik Papan, Kalimantan Timur
    Dilanjutkan ke Mamuju, Sulawesi Barat.

Agenda kampanye terbuka calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto:

  1.  Minggu, 24 Maret 2019
    Tempat : Lapangan Kelurahan Ternate Baru, Manado, Sulawesi utara
    Waktu : 10. 00 WITA
  2. Minggu, 24 Maret 2019
    Tempat : Lapangan Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan
    Waktu : 13. 00 WITA
  3.  Senin, 25 Maret 2019
    Tempat : Lapangan Mandala, Merauke, Papua
    Waktu : 13. 00 WIT
  4. Selasa, 26 Maret 2019
    Tempat : Denpasar, Bali, Lapangan Umum Kapt. Kompyang Sujana
    Waktu : 09.00 WITA
  5. Selasa, 26 Maret 2019
    Tempat : Kota Mataram, (Lokasi menyusul)
    Waktu : 14. 00 WITA

Berita Terkait