Pimpinan Definitif DPRD Kuningan Segera Terbentuk

NUZUL-RACHDI
Ketua DPRD Sementara, Nuzul Rachdy, membeberkan agenda yang sedang dikerjakan sebelum ditetapkannya pimpinan definitif. FOTO: MUMUH MUHYIDDIN/RADAR KUNINGAN

KUNINGAN – Tidak lama lagi, 4 pimpinan definitif akan segera ditetapkan dan dilantik, melalui sidang paripurna DPRD.  Ditemui di ruang kerjanya, Ketua DPRD sementara, Nuzul Rachdy menegaskan, pimpinan dewan definitif akan segera terbentuk.

Saat ini pengajuan sedang diproses di provinsi, sehingga secepatnya akan selesai. “Ya tidak lama lagi pimpinan definitif akan segera ditetapkan dan dilantik, pengajuannya sedang diproses. Pimpinan definitif akan diambil sumpah dan janjinya oleh Ketua Pengadilan Negeri Kuningan,” kata Nuzul, Kamis (19/9).

Zul, sapaannya, bertekad akan menjadikan DPRD Kuningan sebagai lembaga politik yang lebih dipercaya oleh masyarakat. Sebagai calon Ketua DPRD definitif dari PDIP, ia meyakini masyarakat Kuningan senantiasa menyampaikan aspirasinya ke gedung dewan sebagai juga rumah rakyat.

“Kita ingin DPRD ke depan lebih pro aktif menjemput aspirasi masyarakat. Masyarakat juga jangan canggung untuk singgah ke gedung dewan, karena ini juga sebagai rumah rakyat,” ungkap Zul.

Zul mengungkapkan, agenda DPRD saat ini dibawah pimpinan sementara dirinya bersama H Asril Rusli MPd, yang sedang memproses pengajuan pimpinan definitif ke Provinsi, sehingga ia kembali menyebut, proses tersebut segera selesai dan pimpinan definitif segera ditetapkan dan dilantik.

Selanjutnya, DPRD dibawah komandonya saat ini sedang memfasilitasi rancangan Tata Tertib (Tatib) dengan pembahasannya melalui Panitia Khusus (Pansus), yang diketuai Ujang Kosasih.

“Agenda yang sudah diputuskan baru fraksi-fraksi, semuanya sudah lengkap. Kita juga akan melakukan pembahasan awal terkait persiapan penyampaian nota pengantar bupati tentang RAPBD 2020,” jelasnya.

Ditanya apakah DPRD sebelumnya punya pekerjaan rumah, seperti Raperda RDTR (Rencana Detil Tata Ruang) yang belum juga rampung sejak 2017, Zul tidak menjawabnya. Hanya saja ia memastikan Raperda tersebut akan segera dibahas dan kemungkinan segera disahkan menjadi Perda Kuningan tahun 2019.

“Ya kita akan bahas lagi (Raperda RDTR, red), mudah-mudahan tahun ini rampung. Tapi kita juga akan melihat kendalanya apa. Karena waktu pembahasan sebelumnya saya tidak masuk di Pansus ini, jadi kurang begitu paham,” ujar dia.

Sementara itu, 4 calon pimpinan DPRD definitif yang akan segera dilantik, yakni Nuzul Rachdy dari PDIP, Dede Ismail dari Gerindra, Kokom Komariyah dari PKS, dan Ujang Kosasih dari PKB. Di antara mereka, ada 2 tokoh partai yang disebut-sebut sebagai pasangan atau duet maut, yakni Ujang Kosasih dan Dede Ismail. (muh)

Berita Terkait