Pj Bupati Cirebon Bakal Ajukan Bantuan Mobil Skylift

Dinas Damkar Kabupaten Cirebon memamerkan kendaraan pemadam kebakaran saat memperingati HUT Damkar, Satpol PP dan Linmas. Pemkab Cirebon berencana menambah armada skylift. FOTO:NUR VIA PAHLAWANITA/RADAR CIREBON
Dinas Damkar Kabupaten Cirebon memamerkan kendaraan pemadam kebakaran saat memperingati HUT Damkar, Satpol PP dan Linmas. Pemkab Cirebon berencana menambah armada skylift.FOTO:NUR VIA PAHLAWANITA/RADAR CIREBON

CIREBON-Penjabat Bupati Cirebon Dr Ir H Dicky Saromi MSc mengaku prihatin dengan minimnya jumlah mobil pemadam kebakaran. Ditambah lagi, kata Dicky, dengan banyaknya banungan yang menjulang tinggi, saat ini Kabupaten Cirebon belum memiliki mobil pemadam kebakaran skylift. Untuk itu, pihaknya segera mengajukan pengadaan kendaraan skylift kepada Pemprov Jabar.

“Mobil pemadam kebakaran yang kini dimiliki Pemkab Cirebon usianya sudah puluhan tahun, namun tetap diperbaiki untuk sementara waktu. Tapi kami sudah mengusulkan agar Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) untuk mendapat bantuan mobil skylift dari pemerintah provinsi,” kata Dicky kepada sejumlah media usai menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) Dinas Damkar, Satpol PP, dan Linmas di Lapangan Pataraksa Sumber, Selasa (12/3).

Dikatakannya, setelah ada penggantinya, mobil pemadam kebakaran yang sudah tua akan dijadikan sarana dan prasarana pendidikan dan pelatihan. “Kami juga melakukan MoU dengan daerah perbatasan Kabupaten Cirebon, karena jangan sampai saat terjadi kebakaran saling lempar, tapi siapalah yang dekat dengan wilayah atau daerah tersebut, ini melihat sisi kemanusiaan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Cirebon Dr Iis Krisnandar mengatakan, izin mendirikan bangunan (IMB) di Kabupaten Cirebon sudah diterbitkan. Hanya saja, belum ada jaminan dari pemerintah jika ada musibah kebakaran.

“Ini perlu adanya sarana dan prasarana yang memadai untuk rescue maupun pemadaman. Jangan sampai mengeluarkan IMB saja, bangunan tinggi dimana-mana, tapi pemda tidak menjamin keselamatan maupun penaggulangan kebakaran,” ucapnya.

Saat ini, menurut Iis, Damkar Kabupaten Cirebon masih membutuhkan banyak saranan penunjang, diantaranya mobil komando, ambulans, mobil dobel kabin, mobil kecil untuk di pemukiman padat penduduk, dan motor roda tiga. “Tugas utama Damkar itu pencegahan dan meminimalisir terjadinya kebakaran. Melalui HUT Damkar ini, kami harap untuk SDM, sarana maupun prasarana akan jauh lebih baik,” kata Iis. (via)