PLN UPT Cirebon Resmikan Jembatan Teratai di Desa Jatianom

CIREBON-PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Cirebon meresmikan Jembatan Teratai di Desa Jatianom, Kecamatan Susukan, Kabupaten Cirebon, Rabu (16/1).

Irfan Saputra selaku Manager Keuangan dan Administrasi PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Transmisi Cirebon mengatakan, renovasi jembatan berukuran 2,25 x 20 meter ini mengbiskan dana senilai Rp 65.000.000,- rupiah dan waktu pengerjaan selama tiga minggu.

“Bantuan ini disalurkan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) yang telah rutin dilaksanakan oleh PLN UPT Cirebon sebagai bentuk tanggungjawab sosial perusahaan, terutama untuk wilayah ring 1 yang berada disekitar Gardu Induk atau Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GI/GITET) maupun wilayah yang dilalui jalur SUTT/SUTET,” katanya.

Melalui program ini, menurut Irfan, PT PLN (Persero) UPT Cirebon berharap dapat turut berkontribusi dalam pembangunan sarana fasilitas umum yang layak dan aman bagi masyarakat.

“Untuk diketahui, sebelum dilakukan renovasi oleh PT PLN (Persero), alas jembatan penyeberangan ini terbuat dari batang kayu yang disusun melintang sungai, sehingga dari sisi kelayakan dan keamanan sangatlah minim,” ujarnya.

Dalam acara Corporate Social Responsibility (CSR) tersebut, Irfan Saputra juga menyampaikan bahwa untuk menjaga mutu pelayanan PT PLN (Persero) dalam menyalurkan tenaga listrik sangat dibutuhkan peran serta masyarakat untuk menciptakan situasi yang kondusif.

“Hal ini bisa dilakukan dengan cara sederhana seperti tidak mendirikan bangunan melewati batas aman dari konduktor, melakukan kegiatan berbahaya dibawah konduktor, maupun menanam pohon yang dapat tumbuh tinggi sehingga membahayakan jalur transmisi,” ucapnya.

Tidak lupa Irfan Saputra menitipkan kepada masyarakat, aparat desa, dan perwakilan TNI/POLRI setempat untuk turut menjaga aset-aset PT PLN (Persero) terutama untuk SUTT/SUTET yang berada di wilayah Desa Jatianom.

“Dengan sinergi antara PT PLN (Persero) dengan para stakeholder eksternal tersebut, diharapkan keandalan pasokan energi listrik pun akan terjamin,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Jatianom Kersa menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi yang tinggi atas kepedulian PT PLN (Persero) UPT Cirebon terhadap fasilitas umum untuk menunjang kebutuhan masyarakat di Desa Jatianom.

“Keberadaan Jembatan Teratai itu sendiri diakui Kepala Desa Jatianom sangat penting untuk kelancaran aktivitas warga, terutama untuk bertani maupun mengangkut hasil pertanian,” tuturnya. (len)