Plt Bupati Cirebon Target Pertumbuhan Ekonomi Naik 3,5 Persen

sam - jawaban bupati (2)
TARGET: Plt Bupati Cirebon Drs H Imron Rosyadi MAg menargetkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Cirebon tahun 2020 meningkat 3,5 persen. Penyampaian itu disampaikan Imron melalui rapat paripurna, kemarin (5/9). FOTO: SAMSUL HUDA/RADAR CIREBON

CIREBON-Pemerintah Kabupaten Cirebon menargetkan pertumbuhan ekonomi meningkat 3,5 persen di tahun 2020 mendatang. Target tersebut, berdasarkan tabel pertumbuhan ekonomi pada tahun 2013-2018.

Demikian disampaikan Plt Bupati Cirebon Drs H Imron Rosyadi MAg, dalam penyampaian jawaban Bupati Cirebon atas Pandangan Umum DPRD Kabupaten Cirebon terhadap RAPBD Tahun Anggaran 2020, kemarin (5/9).

Menurutnya, target tersebut berdasarkan perkiraan capaian pada tahun 2020 serta arah kebijakan pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Terkait asumsi ekonomi makro tahun 2020, Pemkab Cirebon tetap akan mengandalkan sektor unggulan seperti pertanian, perdagangan dan jasa untuk meningkatkan perekonomian.

“Terkait asumsi ekonomi makro tahun 2020, pertumbuhan ekonomi akan tetap mengandalkan sektor-sektor unggulan. Pada sektor pertanian, industri pengolahan, perdagangan dan jasa serta hotel dan restoran,” jelasnya.

Imron menjelaskan, untuk mendukung stabilitas ekonomi yang kokoh, maka laju inflasi juga perlu ditekan pada tingkat yang cukup rendah dan stabil dengan tetap memperhatikan pertumbuhan ekonomi pada besaran inflasi 2,41 persen.

“Dengan begitu, diharapkan tingkat kemiskinan dapat ditekan pada angka 9,88 persen dan tingkat pengangguran terbuka pada kisaran 8,9 persen,” paparnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Cirebon H Mustofa mengungkapkan, jawaban Plt Bupati Cirebon telah mencakup seluruh pandangan umum fraksi-fraksi DPRD. Sehingga, tidak perlu adanya pandangan umum babak kedua. “Telah terpenuhi dan semua pandangan yang disampaikan dapat terangkum dalam jawaban Bupati,” tutur pria yang akrab disapa Jimus itu.

Selanjutnya, pembahasan RAPBD tahun 2020 akan dibahas oleh Badan Anggaran dan tim Anggaran Pemerintah Daerah beserta dinas terkait yang akan dijadwalkan kemudian. (sam)

Berita Terkait