Polres Majalengka Intensifkan Operasi Batas Kecepatan di Tol Cipali

ambang-batas
Petugas Satlantas Polres Majalengka melakukan operasi ambang batas kecepatan atau speed gun di Tol Cikampek-Palimanan (Cipali), Kamis (5/9). Foto: Anwar Baehaqi/Radar Majalengka

MAJALENGKA – Satlantas Polres Majalengka akan mengintensifkan operasi ambang batas kecepatan atau Speed Gun di Tol Cikampek-Palimanan (Cipali) secara berkala. Dari catatan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Majalengka, sejak Tol Cipali diresmikan pertengahan 2015 lalu, sudah banyak kecelakaan di ruas jalan Tol Cipali yang menelan korban jiwa.

Salah satu pemicunya adalah kecepatan laju kendaraan dan kelalaian atau pengemudi mengantuk. “Sudah seringkali kecelakaan diakibatkan kecepatan tinggi. Diperparah lagi pengemudi kurang antisipasi, sehingga memicu kecelakaan hingga menyebabkan korban jiwa,” kata Kasatlantas Polres Majalengka, AKP Endang Sujana.

Untuk menekan jumlah kasus kecelakaan yang berdampak fatal, kasatlantas mengatakan, akan mengintensifkan operasi ambang batas kecepatan di Tol Cipali. Dengan alat Speed Gun akan merekam seluruh aktivitas batas kecepatan kendaraan yang melaju kencang dalam koridor pengawasannya. Apabila ada pelanggar maka hasilnya akan diketahui melalui print out yang dikirim melalui digital ke receiver detection.

Sesuai undang-undang batas kecepatan maksimal 100 km/jam dan minimal 60 km/jam. “Dengan Speed Gun akan terekam. Jadi pelanggar dapat mengetahui jenis pelanggaran kecepatan saat petugas menunjukkan print out digital tersebut,” jelasnya. (bae)

[adrotate banner="13"]

Berita Terkait