Pos Indonesia Luncurkan Sameday Service Q9, Kirim Paket Sehari Sampai ke Konsumen

KANTOR-POS
LAUNCHING: PT Pos Indonesia Cabang Indramayu meluncurkan Sameday Service Q9 (kui nine) untuk mempermudah pengiriman barang kepada konsumen. FOTO: ISTIMEWA/RADAR INDRAMAYU

Kemajuan teknologi menjadi tantangan bagi penyedia jasa pengiriman barang, tidak terkecuali PT Pos Indonesia. Menjawab tantangan kemajuan teknologi, PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Indramayu juga meluncurkan layanan Sameday Service Q9 (Kiu Nain). Seperti apa keunggulannya?

ADUN SASTRA, Indramayu

LAYANAN Sameday Service Q9 ini dirancang untuk mengedepankan aspek kecepatan, keamanan dan kepraktisan dalam pengiriman barang. Layanan ini dapat dengan mudah diakses kapan saja.

Diakui Kepala Kantor PT Pos Indonesia Cabang Indramayu, M Wijayakatwang, derasnya teknologi informasi dewasa ini, menjadi tantangan tersendiri bagi Pos Indonesia untuk terus bertransformasi. Salah satunya merelevankan seluruh lini bisnis yang dimiliki untuk menjawab tantangan tersebut.

“Contoh kecilnya adalah pebisnis online dan pelaku UKM. Tingginya permintaan pasar terhadap layanan lokal dalam kota yang dapat dikirim pada hari yang sama, menuntut mereka untuk cepat, aman dan praktis dalam mengirim pesanan. Inilah yang menjadi kunci sukses mereka,” tuturnya kepada Radar Indramayu.

Melihat peluang bisnis yang sangat terbuka lebar, lanjut Wijaya, PT Pos Indonesia (Persero) dengan sigap mengeluarkan layanan Sameday Service Q9. Dijelaskannya, Q9 merupakan layanan pengiriman barang sameday service dalam kota (khusus Pulau Jawa) dan ibu kota provinsi untuk kota-kota di luar Pulau Jawa, dengan time limit maksimal 9 jam.

“Batas akhir pengiriman (cut of time) untuk layanan Q9 adalah sampai pukul 16.00 waktu setempat. Sementara tarif kiriman Q9 dihitung per kilogram, dengan tingkat berat maksimal paket seberat 5 kilogram,” ungkapnya.

Sejumlah keunggulan produk Q9 juga digadang-gadang akan semakin memanjakan konsumen. Selain layanan di loket-loket kantor pos dan agen pos, Q9 menyediakan layanan jemput kiriman (pick-up service) oleh pasukan O-Ranger dengan menghubungi call center 1500 261.

Sementara hingga akhir Desember 2019, lanjutnya, berlaku promo gratis ongkos kirim (ongkir) untuk pengiriman berikutnya apabila kiriman tidak tiba di hari yang sama.

“Bagi yang tidak sempat datang ke loket pos atau agen pos karena berbagai kesibukan, kami sediakan layanan jemput kiriman oleh pasukan O-Ranger. Dan kalau kiriman tidak sampai di tempat tujuan di hari yang sama, kami berikan free ongkir untuk pengiriman selanjutnya,” terangnya sambil berpromosi.

Selain dua keunggulan itu, kata Wijaya, Q9 juga membuka layanan COD (cash on delivery) yang dilengkapi dengan aplikasi payment Pos Giro Mobile. Sementara notifikasi akan dikirim kepada penerima barang, sesaat setelah paket dikirimkan melalui loket kantor pos, O-Ranger maupun agen pos.

“Pos Indonesia juga menghadirkan figur maskot bernama Mr Q. Dengan gambaran sosok milenial yang smart, ramah, gesit dan professional. Q9 diharapkan akan semakin memanjakan konsumen dan bisa diterima oleh seluruh kalangan masyarakat,” ujarnya.

Seperti diketahui, PT Pos Indonesia (Persero) telah memiliki jaringan luas hingga 4.800 kantor pos online dengan jumlah titik layanan (point of sales) mencapai 58.700 titik dalam bentuk kantor pos, agen pos serta mobile postal service.

Pos Indonesia juga memiliki jaringan yang dedicated dengan sistem distribusi yang andal. Selain layanan kurir dan logistik, Pos Indonesia memiliki bisnis layanan keuangan berupa layanan pospay (bill payment) yang terhubung hampir 400 lebih biller, pengiriman uang (wesel pos instan dan kemitraan, western union, money gram dan perbankan). (*)

[adrotate banner="13"]

Berita Terkait