Prancis Puncaki Klasemen Grup H

Kualifikasi Euro 2020

Andorra vs Prancis
Antoine Griezmann mencetak assist pada proses terjadinya gol pembuka Prancis ke gawang Andorra yang dicetak Kylian Mbappe. FOTO: BOLA.NET

ANDORRA – Andorra jadi korban pelampiasan Timnas Prancis pada babak kualifikasi Euro 2020, Rabu pagi WIB (12/6). Tampil di National Stadium, tuan rumah menyerah dengan skkor 0-4.

Prancis di matchday sebelumnya kalah oleh Turki 2-0. Makanya, melawan Andorra, juara Piala Dunia 2018 itu tidak mau mengulangi kekalahan serupa.

Laga lanjutan Grup H tersebut berkesudahan dengan skor 0-3 di babak pertama. Andorra berlaga dengan formasi 4-4-2. Untuk menghadapi Perancis, pelatih Koldo Alvarez mengandalkan duet Jordi Alaez dan Marco Vieira di lini serang.

Sementara itu, di kubu tim tamu, pelatih Didier Deschamps melakukan rotasi setelah ditekuk Turki, Minggu (9/6) lalu. Deschamps memasukkan starter baru seperti Leo Dubois, Ferland Mendy, Tanguy Ndombele, Florian Thauvin, dan Wissam Benn Yedder.

Pada babak pertama, Les Bleus langsung mengendalikan permainan. Perancis unggul pada menit ke-11.

Antoine Griezmann mengirim umpan terobosan kepada Kylian Mbappe di sisi kiri. Mbappe pun menggiring bola menembus pertahanan lawan dan mencukil bola untuk melesakkan gol pertama Perancis.

Selanjutnya, gol kedua Perancis dicetak Wissam Ben Yedder pada menit 30. Berawal dari umpan jauh Paul Pogba, Griezmann memberi bola kepada Florian Thauvin yang meneruskannya ke Ben Yedder. Penyerang Sevilla itu pun tanpa kesulitan menjebol gawang Andorra dengan tembakannya.

Jelang babak pertama usai, Thauvin mencetak gol indah. Dengan tembakan saltonya, dia menyarangkan bola ke pojok gawang Andorra.

Nah, gol terakhir Prancis dicetak oleh Kurt Zouma pada menit ke-60. “Kami banyak memetik pelajaran saat dikalahkan Turki. Hasil ini membuat kami bisa move on,” kata Deschamps diutip FourFourTwo.

Hasil ini membuat Prancis berada di puncak klasemen Grup H dengan 9 poin dari empat laga. Sementara Andorra berada di peringkat enam alias posisi buncit klasemen dengan 0 poin. (mid)