Priben Jeh, Proyek Trotoar di Jl Pangeran Drajat Juga Belum Selesai

Finishing proyek peningkatan jalan dan trotoar di Jalan Drajat, masih terus dilakukan. FOTO: DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM
Finishing proyek peningkatan jalan dan trotoar di Jalan Drajat, masih terus dilakukan.FOTO: DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM

CIREBONFinishing proyek peningkatan jalan dan trotoar di Jalan Drajat, masih terus dilakukan. Namun pekerjaan itu dinilai lambat dan membuat terhambatnya aktivitas warga dan pelaku usaha di RT 05 RW 01, Kelurahan Drajat, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon. Pasalnya material pasir dan culvert box masih berada di lokasi.

Seperti yang disampaikan Abdul Rohim. Dia mengeluhkan sisa material itu sangat menggangu akses keluar masuk truk kedalam gudang. “Biasanya truk parkir dulu di pinggir jalan. Sekarang sudah nggak bisa. Kalau maksa parkir, ya macet jalan,” ujarnya kepada Radar Cirebon.

Dikatakannya, semenjak ada trotoar memang jalan terlihat rapih. Tapi jalan jadi semakin sempit. Ada mobil yang berhenti atau parkir saja bisa dipastikan kendaraan di belakang harus antre melewatinya. Sebelum trotoar dibuat, mobil atau truk bisa menepi, sekarang tidak bisa lagi karena tingginya trotoar.

Bersama rekannya, sebenarnya warga setempat sudah berusaha memindahkan culvert box. Tapi jangankan untuk memindahkan, untuk menggesernya pun sulit. Sebab, material culvert box sendiri terbuat dari beton. Sementara pemasangannya dilakukan menggunakan crane.

Proyek peningkatan jalan dan saluran di Jl Pangeran Drajat ini merupakan bagian dari pekerjaan serupa yang terjadi addendum kontrak. Seperti di Jl Dr Wahidin Sudirohusodo dan Jl Evakuasi. Ketiga proyek ini diberi tambahan waktu sampai 50 hari ke depan.

Sayangnya, hingga berita ini diturunkan tidak diketahui bagaimana sebetulnya progres pekerjaan dalam angka. Kepala Bidang Bina Marga Marga Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (DPUPR), Hanry David menyebutkan, untuk persentase progres masih dalam penghitungan konsultan.  (gus)