Priben Sih, Sampah di TPSS Bima Meluber Lagi

Sampah di TPSS Bima meluber hingga ke jalan raya. FOTO: KHOIRUL ANWARUDIN/RADAR CIREBON
Sampah di TPSS Bima meluber hingga ke jalan raya.FOTO: KHOIRUL ANWARUDIN/RADAR CIREBON

CIREBONSampah di Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS) Bima kembali meluber. Pantauan Radar Cirebon, dua kontainer sampah yang sudah penuh di TPSS belum juga diangkut. Bahkan, sampah berserakan dan menutup setengah badan jalan.

Celakanya, TPSS itu sebagian telah dibongkar seperti atap dan tiangnya. Sehingga, saat hujan turun, bau tidak sedap tercium lebih menyengat. TPSS Bima sendiri rencananya dibongkar dan dipindahkan. Sementara di lokasi TPS pengganti di Komplek Bima Madya belum bisa difungsikan karena masih dalam tahap pembangunan.

Salah satu petugas kebersihan, Nata (25), truk dan mesin loader pengangkut sampah belum juga didatangkan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon. Akhirnya sampah yang ada meluber. Sebagai petugas kebersihan, Nata mengaku hanya bisa mengurus sampah yang berserakan di jalan agar tidak mengganggu pengendara motor.  “Paling sampahnya dipinggirin atau dimasukin ke karung supaya tidak berserakan mengganggu pengendara yang lewat,” kata Nata.

Petugas kebersihan lainya, Hariana (23) mengatakan, tumpukan sampah di TPSS Bima bukan karena kegiatan pasar dadakan di kawasan stadion Bima. “Yang buang kan banyak. Sehari saja bisa 10-15 gotrok yang buang sampah kesini. Tapi kalau hari minggu biasanya memang tidak terlalu banyak dibanding hari hari lainya,” ungkapnya.

Salah satu warga yang berkunjung ke kawasan Bima, Ricki (24) mengaku terganggu dengan bau tidak sedap dari sampah di TPSS Bima. Diapun meminta  sampah di TPS Bima harus segera diangkut. Terlebih lagi, posisinya dekat kawasan selter PKL Bima yang notabene merupakan tempat makan. “Harus cepat diangkut. Karena baunya sudah lumayan juga kan karena basah terkena hujan,” ungkapnya. (awr)