Program Quick Response Segera Dilaunching

PERSIAPKAN PERANGKAT: Peralatan untuk menunjang fasilitas Majalengka Raharja Quick Response terus dipersiapkan, Selasa (12/3). FOTO: ANWAR BAEHAQI/RADAR MAJALENGKA
PERSIAPKAN PERANGKAT: Peralatan untuk menunjang fasilitas Majalengka Raharja Quick Response terus dipersiapkan, Selasa (12/3).FOTO: ANWAR BAEHAQI/RADAR MAJALENGKA

MAJALENGKA-Pemerintah Kabupaten Majalengka terus berupaya memberikan pelayanan yang prima pada masyarakat. Salah satunya dengan menghadirkan Majalengka Raharja Quick Response.

Layanan ini rencananya menjadi layanan respons cepat dari Pemerintah Kabupaten Majalengka mengenai pengaduan masyarakat.

Kepala Bidang Pengembangan dan Pengendalian Informatika Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Rachmat Kartono SSTP MSi mengatakan Pemerintah Daerah melalui Diskominfo telah merancang sebuah Iayanan informasi dan pengaduan.

“Kami beri nama Majalengka Raharja Quick Response dan akan segera launching . Program ini merupakan komitmen pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan yang Iebih baik kepada masyarakat serta salah satu program 100 hari kerja bupati dan wakil bupati Majalengka,” jelasnya.

Dirinya menjelaskan Majalengka Raharja Quick Response memiliki beberapa Iayanan. Pertama Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat atau dikenal dengan sebutan LAPOR. Layanan ini menjadi sarana penampung aspirasi dan pengaduan berbasis web dan aplikasi android.

Dalam layanan ini setiap laporan atau pengaduan masyarakat akan ditindaklanjuti secara berjenjang sehingga kebijakan No Wrong Door Policy terwujud.

“Contohnya jika ada pengaduan kondisi jalan rusak. Masyarakat bisa melaporkan dengan menggunakan aplikasi tersebut dan nanti akan disampaikan ke intansi terkait, yang membidanginya,” jelasnya.
Fasilitas kedua ialah layanan Majalengka Raharja 112. Layanan ini merupakan sarana laporan mengenai hal-hal kegawatdaruratan.

“Ini bebas pulsa. Jika ada masyarakat yang membutuhkan layanan emergency, bisa memanfaatkan Iayanan Majalengka Raharja 112. kebutuhan masyarakat akan tindakan tanggap darurat dapat dilayani dengan cepat dan tepat,” ungkapnya.

Keberadaan layanan ini diharapkan dapat mendorong partisipasi masyarakat untuk ikut mengontrol dan menjaga kondusivitas lingkungan. “Rencananya Majalengka Quick Response akan kami launching secara resmi pada 20 Maret 2019,” tambahnya.(bae)