Proyek CORR Segera Direalisasi

Kendaraan melintasi Fly Over Pegambiran. Akses ruas jalan ini nantinya terkoneksi dengan CORR. FOTO:OKRI RIYANA/RADAR CIREBON
Kendaraan melintasi Fly Over Pegambiran. Akses ruas jalan ini nantinya terkoneksi dengan CORR.FOTO:OKRI RIYANA/RADAR CIREBON

CIREBON-Usulan DPRD tentang proyek Cirebon Outer Ring Road (CORR) untuk segera direalisasikan dalam rangka percepatan pembangunan, belum menunjukkan progress berarti. Padahal, megaproyek ini butuh dana tidak sedikit.

Saat perencanaan di era Walikota Subardi SPd, alokasi anggaran yang dibutuhkan untuk pembebasan lahan mencapai Rp100 miliar. Untuk saat ini, hampir pasti nilainya membengkak. Berdasarkan master plan CORR, dibutuhkan lahan setidaknya panjang 8 kilometer.

Kendati demikian, Anggota DPRD dari Partai Amanat Nasional (PAN) Dani Mardani SH MH mengaku tetap optimis proyek CORR tetap bisa diwujudkan. “CORR itu proyek mercu suarnya pemkot. Kita berharap CORR bisa mulai digagas dan diwujudkan,” katanya kepada Radar Cirebon.

Menurut Dani, pertumbuhan pembangunan di wilayah selatan Kota Cirebon akan meningkat ketika CORR ini benar benar mampu diwujudkan. Akses akan lebih cepat dan banyak area bakal terbuka. Hanya saja, sejak dulu kendalanya di persoalan pembebasan lahan. Butuh dana yang tidak sedikit dan harus ditanggung pemerintah kota.

Di laih pihak, Walikota Cirebon Drs H Nashrudin Azis mengungkapkan, program CORR menjadi cita-cita besar Walikota Subardi. Dia berharap, di era kepemimpinannya, CORR bisa diwujudkan. “Saya sangat berharap selambat-lambatnya 2020 bisa terlaksana,” katanya.

Pembangunan CORR, menurut Walikota, memang cukup kompleks. Mulai dari anggaran pembebasan lahan, hingga pembangunan. Karenanya walikota berharap ada hubungan intens persoalan CORR. (abd)

Berita Terkait