Ratusan Pesilat Bersaing, Tiga Atlet dari Belanda Ikut Jadi Peserta

CIREBON – Perguruan Pencak Silat Merpati Putih (MP) Cirebon menggelar kejuaraan bertajuk Cirebon Open 2019. Sebanyak 633 pesilat bersaing pada event yang berlangsung di Sport Hall Bima, Kota Cirebon. Selasa pagi (13/8), Cirebon Open 2019 dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Cirebon, Hj Eti Herawati.

Sekretaris Panitia Cirebon Open 2019, Rifky Rachman mengatakan, Cirebon Open 2019 merupakan kejuaraan perdana yang digelar MP secara terbuka dengan melibatkan peserta dari berbagai perguruan pencak silat. “Sebelumnya kita menggelar kejuaraan secara internal, yaitu dengan peserta hanya dari MP saja,” terangnya.

Menurut Rifky, respons perguruan-perguruan di luar MP begitu besar terhadap kejuaraan tersebut. Meski pesertanya merupakan pesilat pelajar yang merupakan utusan sekolah masing-masing, namun para kontestan datang tidak hanya dari Wilayah III Cirebon saja. Ada juga perwakilan dari DKI Jakarta dan Jawa Tengah. Bahkan ada dari cabang MP di Belanda.

“Ada tiga peserta yang merupakan pelajar dari Belanda. Mereka itu merupakan anggota Merpati Putih dari cabang Belanda yang datang khusus untuk kejuaraan ini,” tambah Rifky.

Kejuaraan antarpelajar ini melibatkan peserta dari kategori SD hingga SMA. Menurut Rifky, MP berharap Cirebon Open menjadi sebuah kejuaraan yang mampu melahirkan pesilat-pesilat hebat. “Ini merupakan bagian dari program Merpati Putih yang memang fokus pada pembinaan atlet berprestasi,” ungkapnya.

Cirebon Open 2019 digelar selama empat hari. Baru akan berakhir pada Jumat (16/8) mendatang. Pada hari pertama, ratusan pesilat bersaing keras pada babak penyisihan untuk semua kelas di setiap kategori.

Eti Herawati mengatakan, pencak silat sebagai bagian dari kekayaan budaya nasional harus terus dilestarikan. Lebih khusus pada cabang olahraga prestasi, olahraga bela diri asli Indonesia ini harus terus dikembangkan. “Dengan pencak silat, kita bisa mendunia,” katanya.

“Cirebon juga punya potensi besar pada cabang olahraga ini. Dan, tentunya harus kita gali dan kembangkan dengan baik agar prestasi para pesilat terus menanjak hingga berada di puncak,” imbuhnya. (ttr)