Rawan Banjir, Saluran di Kedawung Dibongkar

dri - pantura dijebol
ANTISIPASI BANJIR: Saluran air di bawah Jl Pantura dijebol dan diperbesar agar mampu mengantisipasi banjir yang sering melanda kawasan tersebut.FOTO: ANDRI WIGUNA/RADAR CIREBON

CIREBON – Saluran air yang berada di bawah Jl By Pass Kedawung dibongkar. Pembongkaran tersebut sebagai langkah normalisasi saluran yang selama ini menjadi salah satu penyebab banjir di lokasi itu.

Setiap kali turun hujan besar, titik tersebut selalu tergenang. Bahkan, banjir kadang merendam lokasi itu hingga perlu berjam-jam agar air surut.

Kasiman, warga sekitar saat ditemui Radar Cirebon mengatakan, perbaikan saluran air tersebut harus rampung sebelum musim hujan. Jika tidak, maka akan sangat sulit menyelesaikan persoalan banjir di wilayah tersebut.

“Kalau kata pelaksananya sih, nanti diperbesar gorong-gorongnya. Jadi, air yang lewat bisa lebih besar. Tidak seperti kemarin-kemarin, kalau hujan deras sebentar suka banjir. Ini sudah sekitar seminggu lebih,” ujarnya.

Menurutnya, jika pengerjaan saluran di bawah Jl By Pass arah Jateng selesai, maka perbaikan di saluran di sebelahnya juga harus dilakukan, agar fungsi salurannya bekerja maksimal.

“Kalau sebelah sana selesai, ya sebelahnya lagi harus dibongkar. Biar maksimal dan air yang keluar juga bisa maksimal,” imbuhnya.

Ditambahkannya, lokasi tersebut merupakan titik yang sejak lama menjadi penyebab banjir untuk wilayah sekitar. Pasalnya, air susah keluar dan tertahan di lokasi itu, hingga menyebabkan banjir menggenangi jalan, pemukiman dan perkantoran.

“Ini salah satu titik penyebab banjir. Mudah-mudahan kalau ini diperbaiki, maka masalahnya selesai. Tidak ada masalah lagi,” jelasnya.

Namun demikian, menurutnya, tidak hanya persoalan saluran air yang menjadi masalah. Tumpukan sampah liar dan belum sadarnya masyarakat akan kebersihan, dikhawatirkan membuat potensi banjir semakin besar.

“Tapi kalau sebesar apapun salurannya dan masyarakat masih buang sampah sembarangan, ya mampet lagi salurannya. Banjir lagi,” ungkapnya. (dri)

 

[adrotate banner="13"]

Berita Terkait