Relokasi Gedung Disdukcapil Masih Belum Jelas

ILUSTRASI

CIREBON-Relokasin Gedung Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), hingga saat ini belum ada kejelasan. Padahal, rencana renovasi kian dekat.

Pelaksana Tuga (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Cirebon Drs H Agus Mulyadi MSi mengaku belum sempat mengagendakan pertemuan dengan disdukcapil. “Seminggu kemarin saya sibuk bolak-balik Bandung agenda kedinasan,” kata Gus Mul –sapaan akrabnya-.

Namun demikian dirinya tetap mengagendakan untuk pertemuan secepatnya. Karena gedung bagian pelayanan tentu perlu dipindah, agar masyarakat tidak terganggu. Pemindahan Gedung Disdukcapil memang cukup rumit. Instansi ini melayani berbagai administrasi kependudukan. Sehingga ada kriteria tertentu kalaupun sampai harus direlokasi untuk keperluan rehab. “Saya tentu perlu masukan dari disdukcapil. Ini perlu didiskusikan,” tutur Gus Mul.

Di lain pihak, Plt Kepala Disukdapil, Drs Anan Suyitno mengaku belum mendapat gedung alternatif untuk pemindahan layanan. Awalnya, sempat ada usulan di Gedung Sekretariat Daerah. Tetapi dikhawatirkan pelayanan tidak optimal. Kemudian ada opsi di salah satu gedung di Stadion Bima, tetapi dianggap terlalu kecil. “Intinya karena ini untuk pelayanan publik, jadi mesti representatif,” tandasnya. (abd)