Remaja Putri Banyak Alami Anemia, Pelajar SMPN 1 Sumber Dapat Obat Tambah Darah

Pelajar SMP Negeri 1 Sumber mendapatkan obat tambah darah tablet FE dan konsumsi buah-buahan. FOTO:NUR VIA PAHLAWANITA/RADAR CIREBON
Pelajar SMP Negeri 1 Sumber mendapatkan obat tambah darah tablet FE dan konsumsi buah-buahan.FOTO:NUR VIA PAHLAWANITA/RADAR CIREBON

CIREBON-Mencegah terjadinya Anemia atau kekurangan hemoglobin darah dalam tubuh, pelajar SMP Negeri 1 Sumber mendapatkan obat tambah darah tablet FE dan konsumsi buah-buahan. Kegiatan itu dalam rangkaian memperingati Hari Gizi Nasional ke-59.

Kepala Bidang Kesehatan Lingkungan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon dr Edi Susanto mengatakan, remaja putri ternyata banyak mengalami anemia.  Padahal, kata Edi, mereka adalah calon ibu sehingga bisa mengakibatkan bumilkek atau kondisi terburuk yaitu bayi berat badan lahir rendah (BBLR) dan anak terkena stunting atau kerdil.

“Kita perlu cegah disini, anak-anak remaja putri dengan meminum tablet FE atau tambah darah, tetapi cakupannya ini masih rendah. Kenapa? Karena cakupan pemberian kita 100 persen tetapi kepatuhan meminum baru 40 persen. Artinya, remaja putri masih menganggap tablet FE ini tidak bermanfaat,” jelas dr Edi usai memberikan penyuluhan.

Menurutnya, untuk mencegah anemia tidak saja dengan tablet FE atau tambah darah, melainkan bisa dari asupan Gizi Seimbang dalam “isi piring” yang dimaksud melengkapi konsumsi makanan mengandung protein, vitamin, sayuran dan buah-buahan.

“Ada tiga kriteria anemia yaitu ringan, sedang, serta berat. Anemia ringan dirasa biasa saja tetapi derajat sedang hingga berat dapat mengganggu mobilitas dan metabolisme dalam tubuh. Yang mudah dipahami adalah 5 L yaitu Lemah, Letih, Lesu, Lunglai serta Lelah,” katanya.

Oleh karena itu, pihaknya meminta remaja putri menjaga kepatuhan meminum tablet FE satu minggu sekali dan para guru sebagai pengawas minum obat wajib memantau siswinya dalam konsumsi obat tambah darah.

Sementara itu, Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon DR Mashuri MPd mengapresiasi upaya Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon. Pihaknya berharap, pemberian tablet FE penambah darah tidak hanya di satu sekolah tetapi di seluruh sekolah di Kabupaten Cirebon.

“Keseimbangan gizi ini penting untuk kekebalan tubuh dan kekuatan daya serap belajar siswa siswi. Ini sebenarnya tinggal memenej bagaimana berpola hidup sehat. Para guru juga diminta jangan bosan mengingatkan siswanya untuk menjaga konsumsi makanan gizi seimbang dan konsumsi tablet FE bagi remaja putri,” tandas Mashuri. (via)