Ribuan Pengunjung Serbu Waduk Darma

WADUK-DARMA-DISERBU-PENGUNJUNG2
RAMAI: Para pengunjung sedang menikmati indahnya OW Waduk Darma. Pengelola pun terus melakukan pembenahan agar bisa lebih menarik para pengunjung. FOTO: MUMUH MUHYIDDIN/RADAR KUNINGAN

KUNINGAN – Masuk H+4 Idul Fitri 1440 Hijriyah dimanfaatkan ribuan warga untuk mengunjungi Objek Wisata (OW) Waduk Darma, Minggu (9/6). Warga yang berdatangan sejak pagi hari itu didominasi warga perantau Kuningan yang sedang berlebaran.

Pantauan Radar Kuningan di lokasi, tampak ratusan kendaraan roba empat dan roda dua terparkir di area objek wisata yang terletak di wilayah selatan Kuningan. Mereka datang dengan membawa serta keluarganya untuk menikmati indahnya waduk yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda itu.

Mereka terlihat asyik duduk-duduk di pinggir waduk dengan dibarengi banyaknya sajian makanan dari para pedagang. Tak sedikit dari para pengunjung bahkan membawa bekal makanan dari rumahnya masing-masing untuk dinikmati bersama keluarga di Waduk Darma, sambil lesehan beralaskan tikar.

Lina Marlina (36) misalnya. Warga asal Desa Cilaja Kecamatan Kramatmulya ini berkunjung ke Waduk Darma bersama suami dan kedua anaknya serta beberapa sepupunya. Menurut Lina, Waduk Darma merupakan salah satu tempat wisata di Kuningan yang kian hari semakin menunjukkan perubahannya ke arah lebih baik dan sangat menarik pengunjung.

“Kalau saya dan suami serta keluarga besar tidak akan ketinggalan untuk mengisi liburan saat lebaran ke Waduk Darma ini. Tempatnya mengasyikan dan lokasinya juga menjadi banyak berubah lebih baik. Apalagi katanya Pak Gubernur akan menjadikan Waduk Darma ini sebagai destinasi wisata internasional,” tuturnya.

Tidak hanya itu, Lina juga menyebutkan membawa keluarga ke Waduk Darma sepertinya sudah menjadi tradisi setiap liburan lebaran. Walaupun sering berkunjung ke sana, ia mengatakan liburan di Waduk Darma tidak pernah mengalami rasa bosan.

“Bagi saya dan keluarga, ngapain liburan jauh-jauh keluar daerah. Di kuningan sendiri banyak kok tempat rekreasinya. Termasuk ada Waduk Darma yang menjadi lokasi favorit saya untuk mengisi liburan. Kita harus bangga dong dengan tempat hiburan di daerah sendiri,” kata Lina diiyakan Ria dan Elah.

Sementara itu, pengunjung lainnya, Arifudin (31), warga Cigugur yang mengaku sebagai PNS di Pemkot Jakarta ini merasa senang bisa mengunjungi Waduk Darma sebagai salah satu tempat wisata di Kuningan. Ia pun merasa kaget dengan banyaknya perubahan drastis di objek wisata tersebut.

“3 tahun lalu waktu mudik Lebaran Idul Fitri saya dan keluarga berkunjung ke Waduk Darma ini, tapi situasinya tidak seramai sekarang. Apalagi saya melihat sekarang banyak perubahan di sini, ada vila-vilanya juga, pengunjung bisa menginap di sini. Kulinernya juga tambah banyak,” ujar Arif. (muh)

Berita Terkait