Ridwan Kamil Minta Supendi Bangkitkan Indramayu

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melantik Supendi menjadi Bupati Indramayu sisa masa jabatan 2016-2021, Kamis (7/2). FOTO:UTOYO PRIE ACHDIE/RADAR INDRAMAYU
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melantik Supendi menjadi Bupati Indramayu sisa masa jabatan 2016-2021, Kamis (7/2).FOTO:UTOYO PRIE ACHDIE/RADAR INDRAMAYU

BANDUNG-Sah. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK)  secara resmi melantik dan mengambil sumpah Drs H Supendi M Si menjadi Bupati Indramayu sisa masa jabatan 2016-2021 di Gedung Sate, Kamis (7/2). Supendi menjadi bupati menggantikan Hj Anna Sophanah yang mengundurkan diri karena alas an mengurus suami dan orang tua.

Pelantikan dan pengambilan sumpah berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri No 131.32-157 tanggal 24 Januari 2019. Gubernur Ridwan Kamil meminta agar bupati yang baru dilantik dapat memimpin dengan integritas tinggi dan menghindari berbagai godaan, sehingga bisa selesai hingga akhir masa jabatan. RK juga berharap Supendi menjadi pemimpin yang mencintai dan melayani masyarakat Indramayu.

Pada kesempatan itu, RK meminta Supendi untuk membawa ASN di Kabupaten Indramayu dapat bersikap dan bertindak secara profesional. Hal ini ditandai dengan peningkatan akuntabilitas kinerja dan puasnya pelayanan masyarakat. “Saya berharap ASN di Indramayu dapat ditingkatkan profesionalisme, mohon dicek lagi akuntabilitas kinerja dan SAKIP. Angka Indeks yang masih rendah mohon ditingkatkan,” tegas RK.

Untuk lebih meningkatkan akselarasi antara Pemprov Jawa Barat dengan Pemkab Indramayu, pada tahun 2019 ini dari 27 kab/kota di Jawa Barat bantuan keuangan dari Pemprov Jawa Barat ke Kabupaten Indramayu merupakan paling besar dibandingkan kabupaten/kota lainnya.

RK menilai, Indramayu merupakan daerah yang sarat potensi namun kurang promosi. Untuk itu, ujarnya, Indramayu harus intensif mempromosikan potensi-potensinya, sehingga dilirik oleh dunia luar. “Saya melihat Indramayu itu kaya akan migas. Sektor pariwisatanya juga bagus. Indramayu memiliki banyak pantai seperti Pantai Plentong dan memiliki Pulau Biawak yang sangat indah dan eksentrik. Ini yang harus kita tingkatkan promosi,” tandasnya.

RK menegaskan, Pemprov Jabar memprioritaskan anggaran untuk Indramayu di antara kabupaten/kota di Jawa Barat agar infrastruktur di Indramayu semakin baik. Karenanya ia berharap kepada Supendi agar di sisa masa jabatannya digunakan untuk fokus meningkatkan IPM sebagai pilar pembangunan. Ini semua dilakukan agar Indramayu bangkit dan naik kelas menjadi kabupaten yang terdepan.

Sementara itu ditemui seusai pelantikan, Supendi menyambut baik apa yang disampaikan oleh RK. Supendi menilai, peningkatan IPM mutlak dilakukan agar Indramayu dapat mengejar ketertinggalannya. Dalam waktu dekat, pihaknya segera merealisasikan berbagai program dan kegiatan yang telah tersusun di RPJMD dan visi misi Kabupaten Indramayu, agar harapan masyarakat segera terpenuhi.

Sebagai langkah ril, bupati berjanji segera membangun jembatan yang menghubungkan 4 kecamatan yakni Bangodua,  Tukdana, Kertasmaya, dan Sukagumiwang pada tahun 2020 mendatang. Terkait dengan ASN,  pihaknya segera mengoptimalkan ASN menjadi lebih profesional dan kompeten di bidangnya.

Turut hadir pada pelantikan tersebut berbagai undangan yang berasal dari kepala SKPD, camat, anggota DPRD,  forum koordinasi pimpinan daerah, keluarga, serta berbagai undangan lainnya. Tampak hadir pula mantan Bupati Indramayu DR H Irianto MS Syafiuddin (Yance) dan Hj Anna Sophanah. (oet/jun)