Ridwan Kamil Sebut Ciayumajakuning Primadona Baru Wilayah Timur Jabar

Ridwan Kamil memberikan sambutan saat menghadiri Musprov Kadin Jabar di Hotel Aston Cirebon, Kamis (8/2). FOTO:DENY HAMDANI/ RADAR CIREBON
Ridwan Kamil memberikan sambutan saat menghadiri Musprov Kadin Jabar di Hotel Aston Cirebon, Kamis (8/2). FOTO:DENY HAMDANI/ RADAR CIREBON

CIREBON-Wilayah Ciayumajakuning akan diproyeksi menjadi pusat perekonomian di Jawa Barat. Hal ini dilakukan karena wilayah Ciayumajakuning ke depan akan dibentuk jadi segitiga perekonomian Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjelaskan, 20 persen penduduk Indonesia ada di Jawa Barat. Maka dari itu, dirinya menginginkan Jawa Barat menjadi provinsi percontohan dalam segala bidang.  Setiap hari, 50 juta masyarakat Jawa Barat bekerja, serta melakukan kegiatan. Dari situ, kebutuhan hidup harus layak.

Dirinya tidak menampik ada ketimpangan di jalur selatan Jawa Barat. RK –sapaan Ridwan Kamil- bertekad mengejar lima tahun mendatang, untuk menjadikan Jawa Barat jadi provinsi yang perekonomiannya maju. Salah satu upaya adalah memaksimalkan potensi kekayaan alam. Khususnya di wilayah selatan Jawa Barat. Kemudian, di wilayah utara akan ditingkatkan dengan memaksimalkan infrastruktur.

Bagi alumnus ITB Bandung tersebut, Jabar harus maju dengan moda transportasi kereta api. Masyarakat dapat meningkatkan mobilitasnya dalam melakukan kegiatan. Terutama di wilayah jalur selatan. “Infrastruktur adalah komitmen pemerintah,” tegasnya.

Bagi RK, masa depan ekonomi Jabar akan berhubungan dengan segitiga perekonomian. Yakni Bandara BIJB Kertajati, Pelabuhan Patimban, dan penunjang lainnya yang ada di Cirebon. Tidak hanya itu, RK juga akan membangun pusat pertumbuhan peradaban ekonomi baru Jabar di wilayah Ciayumajakuning. Bahkan rencana itu sudah dikomunikasikan dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) agar dapat mejadi professional zone. “Saya yakin, di sini mampu menjadi professional zone,” tandasnya.

Tidak hanya itu. Pihaknya bercita-cita akan menjadikan primadona baru di wilayah timur Jabar. Khususnya dalam aspek peningkatan perekonomian. (abd)

Yuk! Baca Juga, Berita Terkaitnya

Terkini Lainnya