RK Imbau Pembagian Daging Kurban Tidak Gunakan Kantong Plastik

Ridwan Kamil Berkurban
JAGA LINGKUNGAN: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau penyembelihan hewan kurban di Masjid Raya Provinsi Jawa Barat Bandung, Minggu (11/8). Foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Pemprov Jawa Barat

BANDUNG – Isu lingkungan menjadi perhatian Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dalam momentum Idul Adha kali ini. Dia mengimbau agar pembagian daging hewan kurban tidak menggunakan kantong plastik.

“Sebagai pengganti, daging hewan kurban dapat dikemas dengan besek bambu atau daun jati supaya ramah lingkungan,” katanya saat meninjau penyembelihan hewan kurban di Masjid Raya Provinsi Jawa Barat, Bandung, Minggu (11/8).

RK –demikian Ridwan Kamil disapa—mengatakan, kesehatan hewan kurban pun harus menjadi perhatian. Namun, dari hasil pantauannya, sejauh ini belum ditemukan masalah kesehatan hewan kurban. “Artinya, Idul Adha 1440 Hijriah/2019 berjalan dengan baik,” ujarnya.

Sementara, pihak Masjid Raya Jawa Barat, menyembelih 10 sapi dan 12 kambing. Dua sapi di antaranya merupakan titipan Emil dan Presiden Joko Widodo. Berat sapi titipan Emil seberat 652 kilogram, sedangkan berat sapi titipan Jokowi mencapai 950 kilogram. Nantinya, daging hewan kurban tersebut dikemas dengan besek bambu.

“Menandakan kita ingin berbagi di momen Idul Kurban kepada masyarakat Jawa Barat. Tidak hanya dibagikan di mustahik di daerah sekitar masjid, atau kota Bandung saja, tapi juga ke pelosok- pelosok,” kata Emil.

Emil berharap Idul Adha dapat menjadi momentum untuk meningkatkan ketakwaan dan semangat pengorbanan. “Alhamdulillah, berdasarkan laporan yang saya terima, jumlah orang yang berkurban di Jawa Barat terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini menandakan bahwa kesejahteraan masyarakat di Jawa Barat meningkat,” pungkasnya. (jun)