RM Sederhana, Belum Diresmikan Sudah Rusak Akibat Angin Kencang

Dinding dan sebagian atap RM Sederhana ambruk, Minggu (24/3). Di sekitar lokasi, juga terdapat beberapa kerusakan bangunan akibat angin kencang. FOTO:AGUS RAHMAT/RADAR CIREBON
Dinding dan sebagian atap RM Sederhana ambruk, Minggu (24/3). Di sekitar lokasi, juga terdapat beberapa kerusakan bangunan akibat angin kencang.FOTO:AGUS RAHMAT/RADAR CIREBON

CIREBON-Sebuah bangunan baru jadi di Jalan RA Kartini, Kota Cirebon mengalami kerusakan. Bangunan Rumah Makan (RM) Sederhana itu, ambruk di sisi sebelah kanan. Terlihat juga pada bagian dalam, rangka baja ringan tak mampu menahan beban tekanan dan ikut roboh.

Diduga kerusakan ini akibat angin kencang yang terjadi sejak, Sabtu (24/3). Dari pantauan lapangan, Minggu (25/3), tidak terlihat seorang pun pekerja di lokasi. Saksi mata, Sarifah (45) mengatakan, bangunan rumah makan khas Padang itu baru tuntas pekan kemarin. “Kalau dari luar kelihatannya sih udah beres ya,” ujar Sarifah yang berjualan di Jl Olahraga.

Diceritakannya, Sabtu sore sekitar pukul 16.30, hujan deras disertai angin kencang dari arah laut dan arah barat. Angin kencang membuat dinding atas bagian kanan roboh dan seperti menarik atap yang mengakibatkan kerusakan lain. “Angin kencang sekali, sampai pandangan tidak jelas. Atap tempat jualan saya juga terbang,” katanya.

Warga lainnya, Toyib (55) menyebutkan, angin kencang tersebut sebetulnya tidak berlangsung lama. Yidak lebih dari lima menit. Selain merobohkan dinding RM itu, ada juga gedung lain yang kena. Bekas Show Room Motor Suzuki juga rusak, kios fotokopi dan beberapa bangunan di sekitarnya ikut terdampak. Beruntung saat kejadian tidak ada pekerja di lokasi.

Dari informasi yang dihimpun wartawan Radar Cirebon, bangunan baru tersebut merupakan relokasi RM Sederhana dari sebelah Yogya Junction. Nampaknya, RM tersebut pindah menyewa tanah milik PT KAI. Kabarnya, rumah makan ini akan diresmikan 7 April mendatang. (gus)