Ronaldo Frustrasi, Gagal Menjebol Gawang Ukraina

Cristiano Ronaldo (kiri) tertunduk lesu setelah bermain 0-0 dengan Ukraina pada pertandingan Grup B kualifikasi Euro 2020 di The Luz Stadium, Lisbon, Sabtu (23/3) pagi WIB. FOTO: ARMANDO FRANCA/AP
Cristiano Ronaldo (kiri) tertunduk lesu setelah bermain 0-0 dengan Ukraina pada pertandingan Grup B kualifikasi Euro 2020 di The Luz Stadium, Lisbon, Sabtu (23/3) pagi WIB.FOTO: ARMANDO FRANCA/AP

LISBON–Delapan bulan Cristiano Ronaldo absen membela Timnas Portugal. Tepatnya adalah sejak kekalahan di babak 16 besar Piala Dunia 2018 Rusia.

Di Kualifikasi Euro 2020, CR7 –juluan Ronaldo- diharapkan mampu membangkitkan motivasi Portugal di kancah internasional. Namun, Ronaldo gagal membawa Portugal meraih kemenangan pada babak penyisihan Grup B di Estadio da Luz, Lisbon, Sabtu (23/3). Tuan rumah hanya bermain 0-0 dengan Ukraina.

Ronaldo yang fokus dalam proses adaptasi dengan klub barunya, Juventus, di babak pertama tampil menekan Ukraina. Peraih lima kali Ballon d’Or tersebut melakukan berbagai upaya untuk mengantar Portugal meraih kemenangan. Sayangnya, performa apik kiper Ukraina, Andriy Pyatov, membuat gawang Ukraina sulit dijebol.

Di menit ke-17, gawang Ukraina bergetar. William Carvalho berhasil mencetak gol. Namun hakim garis masih cukup jeli dalam melihat posisi pemain Real Betis itu terjebak offside. Ronaldo terhitung mendapat dua peluang emas. Di menit ke-24, tembakan mendatar Ronaldo masih bisa diselamatkan oleh Pyatov. Kiper Shakhtar Donetsk itu lalu kembali menahan gempuran Ronaldo pada menit ke-28.

Pyatov kembali membuktikan kualitasnya dengan menahan gempuran Portugal di menit ke-57. Peluang datang dari Andre Silva yang melepas tembakan dari sudut kotak penalti, namun Pyatov cukup sigap untuk menghalaunya.

Portugal tampak mendominasi permainan. Hingga menit ke-70, penguasaan bola mereka telah mencapai 58 persen. Bahkan mereka juga berhasil melepaskan enam tembakan yang dua di antaranya berhasil menemui sasaran. Hanya saja, belum ada gol yang tercipta.

Ukraina sempat menebar ancaman pada menit ke-86. Yevhen Konopyanka sempat membuat pendukung tuan rumah terhenyak setelah tembakan dari jarak jauhnya berhasil ditahan oleh Rui Patricio. “Kami bermain bagus, tapi pertahanan lawan sungguh membingungkan,” kata Fernando Santos, pelatih Portugal di situs UEFA.com.

Hasil 0-0 membuat Portugal berada di peringkat kedua bersama Ukraina (1 poin). Sedangkan pemuncak klasemen sementara Grup B diraih Luxemburg (3 poin) yang menang 2-1 atas Lithuania. (mid)