RSUD Arjawinangun Beri Pengobatan Gratis

GRATIS: Pemeriksaan kesehatan dilakukan RSUD Arjawinangun dalam rangka HUT ke-40. FOTO: ADE GUSTIANA / RADAR CIREBON
GRATIS: Pemeriksaan kesehatan dilakukan RSUD Arjawinangun dalam rangka HUT ke-40.FOTO: ADE GUSTIANA / RADAR CIREBON

CIREBON– Memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-40, rumah sakit umum daerah (RSUD) Arjawinangun melakukan pengobatan gratis kepada ratusan warga di Desa Kebonturi, Kecamatan Arjawinangun. Pemeriksaan dan pemberian obat dilangsungkan di kantor desa setempat, pagi hingga siang kemarin.

Layanan yang dilakukan di antaranya meliputi pemeriksaan atau pengobatan umum. Berbagai usia dari kalangan masyarakat, datang secara bergilir. Sesampainya di kantor desa, mereka melakukan pendaftaran untuk selanjutnya mendapatkan nomor antrean dan menunggu untuk dipanggil.

Mereka yang datang untuk melakukan pengobatan didominasi oleh warga lanjut usia. Sisanya, anak-anak hingga orang dewasa. “Sejauh ini penyakit yang sering dikeluhkan yaitu nyeri pada persendian yang dialami orang tua.

Kita melakukan pemeriksaan dan pengobatan secara umum, yang mana bila ada keluhan membutuhkan penanganan lanjut, kita rujuk ke rumah sakit,” tutur dr Edi Jubaedi, di sela waktu menuliskan resep obat untuk pasien.

Memfasilitasi warga memenuhi kebutuhan kesehatan, rumah sakit yang beralamatkan di Jl Pantura Cirebon-Arjawinangun Desa Kebonturi itu, menerjunkan empat dokter umum. Ditambah apoteker dan petugas pelayan medis.

“Sebelum dituliskan resep dan diberikan obat, pasien terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan tekanan darah, tensi nadi, suhu oleh perawat. Kemudian mereka berkonsultasi dengan dokter gejala apa saja yang dikeluhkan,” jelas Edi.

Jumlah pasien yang melakukan pengobatan dibatasi 250 orang. Selain memeriksa dan memberikan resep obat, dokter juga menganjurkan makanan sehat yang baik di konsumsi dan makanan yang harus dihindari berkaitan dengan masing-masing penyakit yang diderita warga.

Direktur RSUD Arjawinangun dr H Bambang Sumardi melalui Humasnya, Slamet Riyadi mengatakan, program pengobatan gratis dalam rangka HUT RSUD Arjawinangun diharapkan dapat memberi banyak manfaat, khususnya bagi warga Kebonturi. Sehingga, mereka dapat mengonsultasikan terkait gejala dan masalah kesehatan yang dirasakan.

“Mudah-mudahan RS Arjawinangun dapat selalu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Ke depan juga Insya Allah, selain Desa Kebonturi akan dilakukan pengobatan gratis di desa lain. Semoga dengan bertambahnya usia, semakin bertambah juga tingkat kepercayaan masyarakat kepada RSUD Arjawinangun,” harapnya. (ade)