Rumah Bhinneka Tunggal Ika Bangkitkan Motivasi Generasi Muda

Narasumber dari berbagai profesi dihadirkan dalam program Kelas Edukasi dan Inspirasi yang digagas RBTI Sapma PP Kecamatan Jatibarang.FOTO:RUMAH BHINNEKA TUNGGAL IKA FOR RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU–Program Kelas Edukasi dan Inspirasi digagas Rumah Bhinneka Tunggal Ika (RBTI)  Satuan Siswa Pelajar dan Mahasiswa (SAPMA) Pemuda Pancasila Kecamatan Jatibarang. Menggandeng sejumlah relawan di antaranya petugas kepolisian, angota TNI, dokter sampai pegawai PT Kereta Api Indonesia, kegiatan perdana diadakan di TK Salahuddin Al-Ayyubi Jatibarang.

Kegiatan diwarnai dengan pengenalan profesi, pemutaran film pendek bertema kebangsaan sampai pembagian hadiah berupa perangkat belajar dan buku bacaan. Karuan saja, program ini pun mendapat sambutan positif dari pengelola TK Salahuddin Al-Ayyubi.

“Sengaja kita gandeng narasumber dari berbagai profesi yang biasanya menjadi cita-cita anak-anak. Mereka dihadirkan untuk memotivasi generasi penerus supaya lebih giat belajar untuk mencapai cita-cita yang didambakan,” terang Ketua PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Jatibarang Hadi Suprapto, kemarin.

Program ini, ungkap dia, merupakan wujud konkret Rumah Bhinneka Tunggal Ika dalam upaya pembinaan generasi bangsa yang dapat diandalkan. Memiliki cita-cita tinggi sehingga kelak mereka dapat menjadi generasi yang mampu memberikan peran nyata bagi pembangunan bangsa.

“Nantinya program Kelas Edukasi dan Inspirasi ini akan diadakan di tingkat SD, SMP sampai SMA. Lewat program ini, kami berupaya untuk turut berperan nyata mencetak generasi muda yang lebih optimis melalui pembinaan yang terstruktur dan terukur,” jelas Hadi.

Menurut Hadi, keberadaan Rumah Bhinneka Tunggal Ika yang diresmikan oleh Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Indramayu H Daniel Mutaqien Syafiuddin pada 20 Mei 2017 lalu itu, merupakan wujud nusantara kecil di bumi Wiralodra.

Rumah Bhinneka Tunggal Ika menjadi wadah yang mempersatukan keragaman, mulai dari suku, agama, ras dan antargolongan di Kecamatan Jatibarang. “Ini menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mewujudkan generasi bangsa yang memiliki rasa cinta tanah air dan menghargai keberagaman dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika,” tandasnya. (kho)

[adrotate banner="13"]

Berita Terkait