Rumah Warga Padamulya Maleber Ludes Dilalap Api, 2 Motor Ikut Hangus

KEBAKARAN3
Petugas Damkar menyemprotkan air ke rumah Solihin (55) warga Desa Padamulya, Kecamatan Maleber, Kabupaten Kuningan, yang mengalami kebakaran, Senin (10/6). Foto: M Taufik/Radar Kuningan

KUNINGAN – Musibah kebakaran yang disebabkan oleh korsleting listrik kembali terjadi, Senin (10/6). Kali ini menimpa rumah permanen milik keluarga Solihin (55) warga Desa Padamulya, Kecamatan Maleber, menyebabkan seluruh bangunan dan isinya ludes terbakar termasuk dua unit motor dan uang tunai hingga total kerugian mencapai Rp216 juta.

Berdasarkan informasi dihimpun Radar Kuningan, musibah kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 08.30 WIB saat rumah dalam keadaan kosong ditinggal pemiliknya berangkat kerja. Kala itu, salah seorang warga sekitar melihat ada kepulan asap keluar dari atap dapur rumah Solihin dan seketika berteriak meminta tolong warga yang lain. Tak lama kemudian, api pun membesar dan merembet ke bagian ruangan lainnya.

Dengan menggunakan peralatan seadanya, warga langsung bergerak berusaha memadamkan api dibantu anggota Koramil setempat dan melaporkannya ke kantor UPT Damkar Satpol PP Kuningan. Sekitar 15 menit kemudian, satu unit mobil Damkar tiba di lokasi dan melakukan pemadaman.

Malang, lokasi rumah Solihin yang berada di dalam gang kecil menjadi kendala proses pemadaman sulit dilakukan. Ditambah keberadaan sumber airu yang sangat terbatas, menyebabkan proses pemadaman pun berlangsung lama.

Butuh waktu tiga jam untuk petugas akhirnya bisa menjinakkan api benar-benar padam. Kebakaran hebat menyebabkan seluruh bangunan rumah Solihin berikut perabotannya ludes tak bersisa. Termasuk dua unit kendaraan roda dua yaitu Yamaha Vixion dan Suzuki Shogun, televisi, kulkas hingga gabah 3 kuintal dan uang tunai Rp3 juta pun hangus terbakar.

“Total kerugian ditaksir mencapai Rp216 juta, terdiri dari bangunan rumah permanen dan perabotannya. Atas kejadian ini, pemilik rumah untuk sementara diungsikan ke rumah saudaranya,” ungkap Plt Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan Mh Khadafi Mufti.

Adapun penyebab kebakaran, Khadafi mengatakan, diduga akibat korsleting listrik dari kabel televisi yang masih tersambung dan rumah dalam keadaan kosong ditinggal pemiliknya. Atas kejadian ini, Khadafi pun mengimbau kepada masyarakat untuk menjadikan pelajaran musibah ini agar tidak kembali terjadi.

Khadafi mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk memeriksa instalasi listrik di rumahnya. Jika ditemukan ada kabel yang terkelupas ataupun risiko lainnya agar secepatnya diganti atau diperbaiki.

Selain itu pihaknya juga mengajak kepada aparat pemerintah desa untuk ikut serta aktif menyediakan sistem proteksi kebakaran di lingkungan masing-masing seperti penyuluhan, pelatihan dan penyediaan alat pemadam api ringan (APAR) di setiap dusun atau RT.

“Ini sebagai antisipasi dini sebelum terjadi kebakaran yang berisiko menyebabkan kerugian materil lebih besar bahkan jiwa,” ujar Khadafi. (fik)