Samsat Buka Layanan Ngabuburit

SAMSAT NGABUBURIT: Bupati Indramayu Drs H Supendi MSi menyerahkan marchandise kepada wajib pajak pada acara Samsat Ngabuburit yang digelar Samsat Haurgeulis, Senin (13/5). FOTO: KHOLIL IBRAHIM/RADAR INDRAMAYU
SAMSAT NGABUBURIT: Bupati Indramayu Drs H Supendi MSi menyerahkan marchandise kepada wajib pajak pada acara Samsat Ngabuburit yang digelar Samsat Haurgeulis, Senin (13/5).FOTO: KHOLIL IBRAHIM/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Kantor Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah (P3D) Wilayah Kabupaten Indramayu II Haurgeulis membuka layanan Samsat Ngabuburit.

Layanan spesial di bulan Ramadan ini digelar di kawasan alun-alun Kecamatan Haurgeulis, Senin (13/5).

Diadakan bersamaan dengan kunjungan kerja Safari Ramadan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Indramayu, wajib pajak tampak antusias memanfaatkan layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui Samsat Keliling (Samling) yang disediakan sambil menunggu bedug Magrib.

Apalagi, dalam program ini Samsat Haurgeulis menyediakan marchandise menarik serta takjil gratis kepada para wajib pajak maupun masyarakat yang ngabuburit sambil menunggu waktu berbuka puasa di kawasan alun-alun.

Bupati Indramayu, Drs H Supendi MSi berkesempatan meninjau sekaligus menyerahkan marchandise kepada beberapa wajib pajak yang membayar pajak kendaraan di Samsat Ngabuburit.

Kepala UPTD P3D Wilayah Kabupaten Indramayu II Haurgeulis, H Dani Hendrato SIP menjelaskan, Samsat Ngabuburit sengaja diadakan demi memberikan layanan ekstra bagi warga yang ingin memperpanjang STNK di bulan Ramadan.

Layanan Samsat Ngabuburit digelar di waktu ngabuburit sambil menunggu bedug magrib ini menyasar pemohon yang tidak memiliki waktu luang untuk melakukan pengurusan pada jam kerja.

Mengambil tempat di pusat keramaian agar masyarakat dapat dengan mudah menunaikan pembayaran pajak kendaraan bermotor lewat layanan jemput bola.

“Lewat layanan Samsat Ngabuburit ini, selain memberi pelayanan agar memudahkan wajib pajak, juga mengoptimalisasikan penerimaan daerah.

Kalau sebelum puasa biasanya kami layani pada pagi sampai siang hari. Tapi khusus layanan Samsat Ngabuburit ini kami buka layanan Samling dari sore sampai menjelang berbuka,” terangnya.

Dani mengklaim, animo warga membayar pajak kendaraan cukup tinggi karena dilakukan sangat cepat dan simpel, asalkan surat-surat kendaraan serta persyaratan lainnya lengkap.

Salah seorang wajib pajak, Hendra memberikan apresiasi atas terobosan yang dilakukan Samsat Haugeulis.

Menurutnya, dengan layanan Samsat Ngabuburit menjelang berbuka puasa, dia serta warga lainnya lebih santai untuk mengajukan perpanjangan STNK.

Yakni, sambil ngabuburit atau menunggu saat berbuka puasa. Terlebih, dirinya maupun warga lainnya yang memiliki kesibukan dan tidak memungkinkan untuk mengurus pada jam kerja. (kho)