Sebar Maskara 120 Unit ke Pelosok Jabar

TERIMA KUNCI: Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhalul Ulum memberikan kunci simbolis Maskara kepada Kepala Desa Majasari Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu, Wartono. FOTO: Mohamad junaedi/radar cirebon
TERIMA KUNCI: Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhalul Ulum memberikan kunci simbolis Maskara kepada Kepala Desa Majasari Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu, Wartono.FOTO: Mohamad junaedi/radar cirebon

BANDUNG – Secara spesifik, Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah meluncurkan kendaraan layanan untuk masyarakat desa yang diberi nama Mobil Aspirasi Kampung Juara (Maskara) di sela rapat koordinasi Desa se-Jawa Barat dan Pengukuhan CEO BUMDes di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Institut Teknologi Bandung, Rabu (15/5).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat, Dedi Supandi menjelaskan, fungsi dari Maskara ini antara lain untuk pemutaran film atau video program-program layanan masyarakat, panggung, polingdes dan sarana perbengkelan.

“Tahun ini kami berikan 120 unit ke sejumlah desa. Nanti dalam 5 tahun, minimalnya kita bisa salurkan 700 mobil,” jelasnya.

Menurut dia, desa-desa yang akan diberikan Maskara ini adalah yang memiliki kriteria berhasil mencapai level desa. “Level desa itu ada desa sangat tertinggal, desa tertinggal, desa berkembang, desa maju dan desa mandiri.

Kebetulan, desa yang diberikan Maskara saat peluncuran ini adalah Desa Majasari, Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu, yang tahun 2018 lalu menjadi juara nasional lomba desa,” tuturnya.

Sementara, Kepala Desa Majasari, Wartono mengapresiasi atas perhatian Pemerintah Provinsi Jawa Barat terhadap pemerintah dan masyarakat desa.

Mobil layanan yang dititipkan kepadanya ini akan segera difungsikan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Mungkin nanti akan saya fungsikan sebagai polingdes. Kalau mobil siaga, kami sudah punya. Bisa juga digunakan sebagai media sosialisasi program dan layanan karena ada fasilitas pemutaran video,” terangnya.

Dengan cara pandang Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang berharap desa harus bersiap-siap menghadapi era 4.0, kehadiran Maskara sudah layak diperkenalkan ke tengah-tengah masyarakat.

“Apalagi dengan desain yang futuristik dan banyak fungsi, mudah-mudahan akan bermanfaat,” pungkasnya. (jun)