Sebelum Pergi ke Jepang, Ikuti Tips Berlibur ini

JEPANG adalah salah satu negara yang berada di kawasan Timur Asia. Negara yang terkenal sebagai negeri matahari terbit ini memang mempunyai tradisi yang masih tetap dilestarikan hingga saat ini. Hal ini tentunya berbanding terbalik dengan berbagai teknologi yang terus dikembangkan oleh negara Jepang. Itulah salah satu hal menarik yang membuat para wisatawan penasaran untuk mengunjungi negeri asal bunga sakura tersebut.

Jika anda ingin berlibur ke Jepang, ada baiknya jika memperhatikan berbagai macam hal. Hal ini berkaitan erat dengan budget ketika berlibur di negara tersebut. Sudah menjadi rahasia umum, bahwa liburan ke Jepang ini membutuhkan dana yang cukup besar selain visa, biaya hidup di negara ini juga cukup tinggi. Jadi untuk anda yang ingin berlibur secara nyaman dengan budget yang tepat, ada baiknya jika menyimak beberapa tips berikut ini.

MENGENALI KEBIASAAN MASYARAKATNYA

Sebelum anda pergi ke Jepang, sebaiknya bekali diri anda dengan berbagai macam informasi tentang kebiasaan masyarakat Jepang. Tentunya ada cukup banyak perbedaan budaya antara masyarakat Jepang dan Indonesia, mulai dari tertib mengantri, memilah dan membuang sampah pada tempatnya, merokok di tempat khusus, disiplin waktu dan hal lainnya.

Selain itu, anda juga perlu membekali diri dengan beberapa kebiasan lainnya, seperti saat menggunakan lift, men-silent handphone di tempat publik, tidak menggunakan klakson pada saat berkendara, berbicara pelan, bergerak dan berjalan cepat dan berbagai kebiasan lainya.

MEMILIH WAKTU YANG TEPAT UNTUK BERKUNJUNG

Seperti diketahui bersama, Jepang adalah negara dengan 4 musim, masing-masing musim mempunyai objek wisata menarik, dan tentunya suhu udara yang juga berbeda. Misalnya saja pada bulan Desember hingga Februari, dimana negeri asal Doraemon ini mengalami musim dingin, namun demikian, anda dapat menyaksikan beberapa festival budaya yang hanya diselenggarakan pada musim tersebut, seperti festival patung es. Selain itu masih ada beberapa festival budaya lainnya yang juga hanya diselenggarakan pada musim tertentu, seperti Gion Matsuri yang diselenggarakan di Kyoto setiap bulan Juli. Lain halnya jika anda ingin menikmati mekarnya bunga sakura, sebaiknya kunjungi negeri cantik tersebut pada saat bulan Maret hingga April. Ini adalah musim tepat, untuk berlibur ke Jepang. Cuacanya juga tidak panas juga tidak terlalu dingin.

PERHATIKAN PAKAIAN YANG AKAN DIBAWA

Sebelum berangkat ke Jepang, sebaiknya perhatikan dengan baik, musim yang sedang berlangsung pada saat itu. Selain itu perhatikan juga aneka pakaian yang akan dibawa. Sebaiknya jangan terlalu membara banyak pakaian. Bawa dan gunakan pakaian yang nyaman dan dapat digunakan dalam berbagai macam kondisi.

Di Jepang juga anda dapat menemukan berbagai pakaian bermerek dengan diskon yang besar-besaran. Tidak hanya itu, ada beberapa jenis pakaian yang harganya jauh lebih murah dibandingkan di Indonesia. Untuk anda dengan budget sangat terbatas, pakaian second pun banyak yang masih berkualitas dengan harga yang sangat miring. Namun jangan khawatir, pakaian second di Jepang kebanyakan masih dalam kondisi yang bagus dan bermerk.

MEMILIH PENGINAPAN YANG TEPAT

Seperti yang telah disebutkan diatas, biaya hidup di Jepang ini sangat tinggi. Untuk anda yang mempunyai budget terbatas dan ingin berlibur ke Jepang namun tidak ingin menguras dompet, sebaiknya periksa dan pastikan akomodasi yang akan anda pilih. Salah satu cara mudah untuk menemukan akomodasi yang tepat dan dengan harga yang tepat. Anda dapat menemukan pilihan yang sesuai dengan referensi anda dengan menggunakan website Traveloka. Anda jadi mudah memilih penginapan tepat dengan harga yang juga tepat.

CEK DAN PILIH OBJEK WISATA YANG AKAN DIKUNJUNGI

Hal lain yang tentunya tidak boleh ketinggalan ketika ingin berlibur ke Jepang adalah, cek dan pilih objek wisata yang akan dikunjungi. Untuk memilih objek wisata yang tepat, ada baiknya jika anda memperhatikan beberapa hal berikut ini :

Seperti diketahui bersama, masing-masing kota atau daerah yang ada di Jepang ini mempunyai budaya dan objek wisata yang berbeda-beda. Anda harus menentukan terlebih dahulu, apakah anda akan datang hanya ke satu kota atau ke beberapa tempat. Setelah itu baru anda mencari objek wisata di kota yang akan anda kunjungi.

Perhatikan juga tujuan berlibur kali ini, apakah anda hanya ingin berwisata secara umum, atau secara spesifik, seperti wisata kuliner saja, wisata sejarah atau yang lainnya. Misalnya saja anda ingin melakukan wisata alam, maka anda dapat mengunjungi Gunung Fuji, Zoorasia, Jigokudani Monkey Park, dan lain sebagainya. Lain halnya jika anda ingin melakukan wisata kuliner, maka anda tidak boleh melewatkan kunjungan ke Yokohama Raumen Museum. Tempat ini merupakan museum khusus untuk kuliner khas Jepang yang bernama ramen. Tidak hanya itu di museum tersebut, anda juga dapat mengunjungi kedai ramen, dengan aneka kuliner ramen dari berbagai daerah di Jepang.

Perhatikan juga apakah spot atau objek wisata yang akan dikunjungi, apakah diharuskan membeli tiket atau tidak. Jika menggunakan tiket, biasanya anda dapat membelinya secara langsung atau anda dapat mengunjungi website Traveloka, untuk membeli tiket secara online. Dengan demikian, anda tidak perlu melakukan antri tiket ketika mengunjungi objek wisata tersebut. Terutama objek wisata yang cukup terkenal seperti Disneyland Tokyo, Universal Studio dan Disneysea Tokyo.

PASANG APLIKASI PENERJEMAH ONLINE

Tidak banyak dari wisatawan yang mampu atau bahkan fasih berbahasa Jepang, demikian pula dengan penduduk lokal, tidak banyak yang mampu berbahasa Inggris. Termasuk diantaranya beberapa tanda atau petunjuk jalan yang tidak menggunakan bahasa Inggris. Seperti yang terjadi di kota Kyoto, Tokyo, dan juga Osaka. Untuk hal seperti ini, anda tidak perlu khawatir, gunakan saja aplikasi penerjemah online yang ada pada ponsel anda. Pastikan anda memilih aplikasi yang tepat, selain mampu menerjemahkan secara cepat, juga mampu menerjemahkan berbagai macam papan petunjuk atau hal lainnya hanya dengan mengarahkan kamera ke papan petunjuk tersebut. Ini akan menjadi cara praktis untuk berlibur ke Jepang.  (*)