Sejarah Baru, Bupati Bertandang ke Gedung DPRD

Pj Bupati Cirebon Dr Ir H Dicky Saromi MSc (kiri) salam komando dengan Ketua DPRD Kabupaten Cirebon H Mustofa SH saat bertandang ke gedung dewan. FOTO:SAMSUL HUDA/RADAR CIREBON
Pj Bupati Cirebon Dr Ir H Dicky Saromi MSc (kiri) salam komando dengan Ketua DPRD Kabupaten Cirebon H Mustofa SH saat bertandang ke gedung dewan.FOTO:SAMSUL HUDA/RADAR CIREBON

CIREBON-Sinergitas eksekutif dan legislatif mulai terbangun. Ini sejarah baru. Pasalnya, baru kali pertama eksekutif bertandang ke DPRD secara langsung. Lawatannya itu menunjukan sinergitas program pembangunan di Kabupaten Cirebon.

Ketua DPRD Kabupaten Cirebon H Mustofa SH mengapresiasi Penjabat Bupati Dr Ir H Dicky Saromi MSc yang telah menunjukan komitmennya untuk membangun sinergitas antar penyelenggara pemerintahan. Harapannya, awal tahun 2019 diisi dengan komitmen bersama membangun Kabupaten Cirebon lebih baik lagi.

“Ini merupakan sejarah baru pemerintah daerah dalam hal ini bupati berkunjung ke DPRD. Bisa juga ini disebut bagian sakral, karena belum pernah dilakukan oleh bupati sebelumnya,” ujar pria yang akrab disapa Jimus itu kepada Radar Cirebon.

Menurutnya, upaya pemerintah daerah yang dilakukan hari ini (kemarin, red) merupakan momentum baik di awal tahun 2019. Terlebih, kedatangan bupati didampingi Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan asisten. Silaturahmi ini membahas sejumlah hal kaitan dengan membangun sinergitas.

“Di DPRD sendiri juga programnya akan dipadukan dengan eksekutif. Selain rapat kerja dan kunjungan kerja, kami juga harus menyelaraskan rapat koordinasi dengan TAPD kaitan evaluasi dan realisasi program 2019,” ucap Jimus.

Sebagai fungsi pengawasan, legislasi, dan budgeting, tentunya sangat menyambut baik kedatangan bupati bersama TAPD. Sebab, sangat erat kaitannya dengan penggunaan anggaran untuk pembangunan Kabupaten Cirebon.

“Tahapan proses perencanaan anggaran dimulai bulan Februari nanti. Dari mulai tingkat desa dan kecamatan. Sehingga, persepsi pembangunan Kabupaten Cirebon harus disamakan terlebih dahulu,” tuturnya.

Sementara itu, Pj Bupati Cirebon Dr Ir H Dicky Saromi MSc menyampaikan beberapa hal yang memerlukan support dan peran DPRD. Sebab, kaitannya dalam peningkatan infrastruktur dan pemberdayaan SDM. “Juga menyampaikan satu komitmen ke depan dalam rangka penyerapan anggaran realisasi program dan kegiatan tidak menumpuk di akhir tahun,” singkatnya. (sam)