Sejumlah Nama Petahana Rebut Lagi Kursi DPRD Kabupaten Cirebon

DPRD
GEDUNG DPRD KABUPATEN CIREBON

CIREBON-Sejumlah partai politik (parpol) di Kabupaten Cirebon belum tuntas merekap hasil pemilihan legislatif (pileg). Salah satu sebabnya karena luasanya wilayah. Kabupaten Cirebon terdiri dari 40 kecamatan dan terbagi dalam 7 daerah pemilihan (dapil).

Kendati demikian, sejumlah nama petahana sudah pasti manggung lagi. Salah satunya Mustofa SH. Ketua DPC PDIP yang juga Ketua DPRD itu bakal kembali manggung di parlemen. Ia memperoleh 11.749 suara di Dapil II yang meliputi Kecamatan Depok, Ciwaringin, Palimanan, Gempol, Klangenan, dan Jamblang. Tidak hanya itu, Ketua PAC PDIP Kecamatan Jamblang Rudiana SE yang juga petahana terpilih kembali. Perolehan suaranya 6.968.

Jumlah suara tersebut berdasarkan rekap internal DPC PDIP Kabupaten Cirebon. Sementara itu, berdasarkan informasi di lapangan, kursi PDIP di Dapil VI (Ciledug, Karangsembung, Karangwareng, Lemahabang, Pasaleman, dan Waled) berkurang. Hanya satu kursi dan diisi orang baru. “Semua masih proses. Kalau sudah komplit nanti dikabari,” tutur Mustofa kepada Radar, kemarin.

Sementara itu, Dapil V yang meliputi Losari, Gebang, Babakan, Pabedilan, dan Pangenan, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) diprediksi meraih dua kursi. Sedangkan Gerindra, PDIP, PKS, Nasdem dan Partai Golkar masing-masing meraih satu kursi.

“PKB Dapil V itu ranking satu. Jumlahnya 31.200 suara. Kemungkinan dapat dua kursi. Data ini valid. Ranking dua Gerindra, disusul PDIP, Golkar, Nasdem dan PKS,” kata politisi PKB yang enggan disebutkan namanya.

Sementara itu, Caleg Partai Gerindra yang juga petahana Dapil V, Sofwan ST, mengaku bersyukur posisinya masih aman. Ia masih dipercaya masyarakat. “Alhamdulillah aman,” singkatnya saat dihubungi Radar Cirebon.

Sementara di Dapil III (Susukan, Arjiwanangun, Kaliwedi, Gegesik, dan Panguragan perolehan sementara suara partai politik sudah beredar. Antara lain PKB 24.137, Golkar 21.728, PDIP 20.130, Gerindra 12.721, PKS 11.045, Demokrat 10.652, Nasdem 9.578, dan Hanura 7.738 suara. “Total 7 kursi. Perkiraan saya akan dibagi rata, satu kursi per partai dari urutan 1-7. Tapi, itu perkiraan saya,” kata Fawaz, caleg PKS Dapil III.

Terpisah, Sekretaris DPD PKS Kabupaten Cirebon Arif Rahman mengatakan pihaknya belum memiliki data lengkap hasil perolehan suara Pileg Kabupaten Cirebon Tahun 2019. “Masih sekitar 70 persen yang kita peroleh datanya,” ujarnya.

Arif mengatakan, pada perolehan data yang baru mencapai 70 persen tersebut, PKS menempati peringkat 6. “Pertama masih PDIP, lalu PKB, Gerindra, Golkar, Nasdem, dan PKS keenam,” katanya.

Pihaknya belum bisa menentukan siapa saja caleg PKS yang meraih kursi DPRD Kabupaten Cirebon. “Semuanya masih dinamis. Sekarang ini bisa saja besok berbeda lagi, karena semuanya masih bergerak sangat dinamis. Jadi kami belum berani menentukan siapa saja yang lolos,” tuturnya.

Namun untuk jumlah kursi, pihaknya bisa memprediksi PKS akan mendapatkan tujuh kursi. “Kalau kursi, Insya Allah tujuh kursi dengan perolehan suara 8 persen lebih. Artinya setiap dapil rata kita dapatkan satu kursi,” tandas Arif. (sam/den)