Senin Penetapan Pasangan PASTI di DPRD, Selasa Kirim ke Mendagri

PASTI-1
Drs Nashrudin Azis SH dan Dra Hj Eti Herawati

CIREBON-Hari ini, Senin (5/11), DPRD Kota Cirebon menggelar rapat paripurna istimewa penetapan Nashrudin Azis-Eti Herawati sebagai pemenang Pilkada 2018. Target tuntas hari ini dan besok dilanjutkan dengan pengiriman penetapan ke Mendagri Tjahjo Kumolo melalui Gubernur Ridwan Kamil.

Ketua Komisi I DPRD Kota Cirebon Handarujati Kalamullah membenarkan rapat paripurna istimewa mengagendakan penetapan walikota dan wakil walikota terpilih. Artinya, secara resmi DPRD mengakui bahwa pemenang Pilkada Kota Cirebon adalah seperti yang ditetapkan oleh KPU.

“Selanjutnya kita akan menyusun surat pengajuan pelaksanaan pelantikan. Segera setelah dibuat, surat beserta berkas lainnya, hari Selasa (besok) harus diajukan ke Mendagri melalui Gubernur Jawa Barat,” terangnya kepada Radar Cirebon, Minggu (4/11).

Politisi Demokrat ini sedikit memberikan bocoran terkait pengajuan waktu pelantikan. Dikatakannya, bisa saja pada bulan ini (November) pasangan Azis-Eti dilantik. Itu pun kalau sudah mendapatkan persetujuan dari mendagri.

Sementara dari Tim Hukum Azis-Eti, Furqon Nurzaman menilai momentum yang tepat untuk pelantikan adalah bulan November ini. Pasalnya, masyarakat Kota Cirebon ingin memiliki walikota dan wakil walikota yang definitif untuk menjalankan roda pemerintahan. “Insya Allah besok (hari ini, red) Pak Azis langsung datang ke DPRD,” ucapnya singkat. (gus)