Seragam Anak Sekolah Picu Inflasi

DEMI ANAK: Meski menguras kantong, orang tua rela membeli seragam dan alat tulis baru untuk anaknya yang mau masuk sekolah tahun ajaran baru. FOTO: OKRI RIYANA/RADAR CIREBON

CIREBON – Laju inflasi Kota Cirebon di bulan Juni 2019 dalam rilis Badan Pusat Statistika (BPS) Kota Cirebon dinyatakan lebih rendah dibandingkan Jawa Barat dan nasional. Kota Cirebon berhasil menekan laju inflasi hingga mencapai 0,48%. Sedangkan Jawa Barat 0,48% dan inflasi nasional 0.55%. Namun, tahukah bahwa salah satu pemicu inflasi di bulan Juni adalah seragam anak sekolah.

Kepala BPS Kota Cirebon, Joni Kasmuri mengungkapkan, komoditi utama pemicu inflasi bulan Juni 2019 di antaranya cabai merah, cabai rawit, sate, air kemasan, pisang, emas perhiasan, petai, dan minuman ringan.

Selain itu, transportasi khususnya angkutan travel menjadi salah satu pemicu inflasi di bulan Ramadan. Begitu pun dengan seragam anak sekolah yang menjadi penyumbang inflasi cukup besar di akhir bulan Juni, bertepatan dengan momen masuk anak sekolah.

“Siklus Lebaran dan momen masuk anak sekolah jadi pemicu inflasi di bulan Juni. Namun dapat ditekan dan dikendalikan angka inflasinya,” ujarnya.

Pantauan Radar Cirebon, hingga Sabtu (13/7) banyak toko seragam anak sekolah dan  alat tulis masih dipadati orang tua. Khususnya bagi yang anaknya baru akan masuk sekolah di tahun ini.

Seperti yang diketahui Senin adalah momen berakhirnya libur sekolah. Anak sekolah mulai masuk sekolah lagi. Artinya hingga Minggu (14/7) masih banyak orang tua yang memadati toko seragam dan alat tulis.

Di sepanjang Jalan Lawanggada Kota Cirebon, misalnya, hingga sore hari toko-toko seragam sekolah dipadati pembeli. Kuniah (50) salah satunya yang sedang mengantre membeli seragam untuk cucunya. Di tahun ini sang cucu akan masuk ke sekolah dasar (SD).

Halaman: 1 2 3 4