Serunya Pilkada Serentak, Warga TPS 23 Sitopeng Cirebon, Go Green Banget

Pada 27 Juni 2018, provinsi Jawa Barat, dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sekitar 32  juta orang, terbesar di Indonesia, akan keluar memilih dalam gelaran Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada) untuk memilih gubernur dan wakil gubernur.

Pertarungan calon gubernur di provinsi ini adalah bagian dari Pilkada Serentak di beberapa provinsi, kabupaten, dan kota yang melibatkan sekitar 152 juta pemilih atau lebih dari separuh populasi Indonesia yang mencapai 265 juta jiwa.

Sejumlah cara dilakukan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan panitia Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menarik minat warga agar menggunakan hak pilihnya.

Seperti yang dilakukan oleh panitia TPS 23 dan warga Sitopeng  Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon misalnya. Dengan mengusung tema penghijauan atau yang biasa disebut go green, “TPSku  Tamanku” panitia TPS 23 ini berharap, partisipasi warga yang berada di RW 09 Kelurahan Kalijaga bisa terdongkrak.

“Idenya untuk membuat masyarakat lebih interes mendatangi TPS dan memberikan suaranya,” ungkap Yustian Hermawan, salah satu anggota KPPS kepada radarcirebon.com (27/6).

Disampaikan Yustian, tujuan dibuatnya konsep penghijauan ini adalah untuk membuat lingkungan di lokasi pemungutan suara itu menjadi lebih asri dan sejuk. Hal itu, lanjutnya, bisa membuat warga menjadi lebih nyaman ketika menunggu giliran pencoblosan.

“Selain membuat nyaman warga, TPS 23 ikut serta dalam kontes yang diadakan KPUD Kota Cirebon,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk jenis tanaman yang diletakkan di TPS 23 tersebut, seluruhnya merupakan swadaya dari panitia TPS maupun warga Sitopeng. Lokasinya, Jalan Pramuka Sitopeng Baperkam RT 01 RW 09 Kelurahan Kalijaga Kecamatan Harjamukti.