Siapa Kandidat Kuat Sekda Kota Cirebon? Ini Jawaban Wawali

ETI-HERAWATI-EENG
PILIHAN: Wakil Walikota Cirebon, Eti Herawati menjadi narasumber talkshow di Radar Cirebon Televisi, Sabtu (6/7). FOTO: OKRI RIYANA/RADAR CIREBON

SIAPA kandidat sekretaris daerah (sekda) Kota Cirebon? Sejauh ini, sejumlah nama sudah beredar di kalangan terbatas. Namun, tidak ada jaminan calon kuat tersebut melenggang mulus. Apalagi, Walikota dan Wakil Walikota punya ekspektasi tinggi buat pemegang tampuk pimpinan tertinggi dari kalangan aparatur sipil negara (ASN) tersebut.

Lantas, bagaimana kriteria sekda dalam pandangan Wakil Walikota Cirebon, Dra Hj Eti Herawati? Simak wawancaranya.

Menurut ibu, kriteria khusus dari calon sekda seperti apa?

Pastinya harus mampu menterjemahkan visi misi dari walikota dan wakilnya. Apalagi visi misi ini telah masuk dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah), tinggal dilaksanakan.

Ada harapan khusus untuk calon sekda?

Yang jelas, sekda hasil open bidding nanti harus sehati dengan walikota dan wakilnya.

Dalam pandangan ibu, seperti apa sosok sekda?

Sekda itu seperti seorang manajer yang paham soal perencanaan, pengelolaan, monitoring dan evaluasi. Sekda harus bisa menjalankan fungsinya secara optimal dengan memahami segala hal terkait SKPD (Satuan Kerja Perangkat Dinas). Dengan hal itu sekda bisa menguasai dan menjalankan setiap sektor SKPD seperti sektor pelayanan, sektor pendapatan, sektor koordinasi.

Sebagai pejabat pemimpin tinggi pratama, harus mampu membawa perubahan positif yang signifikan dari sebelumnya dalam mengemban amanah birokrasi. Terutama untuk menaikkan dan memacu kinerja ASN bawahnya.

Walikota menyingung aspek integritas, loyalitas dari sekda terpilih nanti. Tanggapan ibu?

Sosok sekda memang harus loyal terhadap walikota dan wakilnya. Apa yang menjadi keputusan dan kebijakan, harus dilaksanakan dengan baik. Agar dalam menjalankan pemerintahan bisa seiring sejalan.

Skill apa yang menurut ibu penting dimilik seorang sekda?

Sekda itu posisinya sangat penting di pemerintahan. Ya harus quick response, punya knowledge, skill dan attitude yang baik. Punya kemampuan komunikasi yang baik untuk menyampaikan kebijakan pemerintah.

Dalam hal administratif, sekda juga harus memahami anggaran dan mampu memimpin TAPD (tim anggaran pemerintah daerah).

Dalam hal hubungan dengan legislatif, sekda diharapkannya memiliki kemampuan untuk merangkul dan memberikan pemahaman. Ini terkait dengan rencana dan pelaksanaan  program pembangunan Kota Cirebon.

Sekda harus paham visi misi, melaksanakan RPJMD. Apakah menghendaki orang teknik?

Pemahaman seorang sekda terkait pembangunan di Kota Cirebon itu harus benar-benar bagus dan teruji. Semua persoalan yang ada di Kota Cirebon, termasuk arah pembangunan, akan saling terkait dari satu SKPD dengan SKPD lain. Mulai dari sisi tata ruang, zonasi pembangunan, dan hal lain. (gus)

[adrotate banner="13"]

Berita Terkait